Menteri ESDM Lantik Jisman Jadi Dirjen Ketenagalistrikan, Ditugasi Urus Listrik IKN

Menteri ESDM Arifin Tasrif.
Sumber :
  • Dokumentasi Kementerian ESDM.

VIVA Bisnis – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, resmi melantik Jisman P Hutajulu sebagai Direktur Jenderal Ketenagalistrikan. Dia pun mendapat tugas khusus.

Intip Keandalan Pembangkit Listrik EBT PLN Indonesia Power saat Lebaran 2024

Arifin pun meminta kepada Jisman, untuk menyelesaikan tugas yang menanti seperti penyediaan listrik untuk Ibu Kota Negara (IKN), serta meningkatkan rasio elektrifikasi dan desa berlistrik.

"Tugas lainnya adalah meningkatkan pasokan listrik 24 jam, pelaksanaan subsidi listrik yang tepat sasaran, tarif listrik yang kompetitif, meningkatkan konsumsi listrik per kapita, serta melaksanakan transisi energi," kata Arifin, Jumat, 17 Februari 2023.

Hari Pertama Idul Fitri Sistem Kelistrikan Nasional Andal

Dia juga menekankan Jisman untuk terus meningkatkan penyediaan ketenagalistrikan kepada masyarakat di seluruh pelosok Tanah Air, dengan mutu pelayanan yang baik, handal, berkelanjutan, terjangkau, adil, dan merata.

Gedung Kementerian ESDM

Photo :
  • vivanews/Andry Daud
Menteri Basuki dan Istri Bakal Pindah ke IKN Juli 2024, Jika...

Arifin berpesan, untuk selalu menjaga integritas dan tidak menyalahgunakan kewenangan, serta membatasi pergaulan secara profesional dan melakukan kontrol dokumen administrasi persuratan dengan baik.

"Jangan lambat untuk merespons dan selalu mendukung pengembangan kompetensi sumber daya manusia dan selalu membuka diri ke seluruh pegawai dan stakeholder," ujarnya.

Diketahui, Jisman P Hutajulu lahir di Tapanuli pada 18 Januari 1967, dan mengawali karirnya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun 1993. Pada tahun 2000, Jisman menjabat Pj Kasie Analisis Harga Listrik Distribusi. Setahun setelahnya, ia menjadi Kasie Harga Jual Tenaga Listrik.

Desain Sekretariat Presiden di IKN Nusantara.

Photo :
  • Dokumentasi Waskita Karya.

Karirnya terus menanjak hingga pada 2018, Jisman menjadi Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan. Empat tahun setelahnya, pada 2022 ia berpindah menjadi Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan. Jisman juga aktif terlibat dalam Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Bidang Ketenagalistrikan dan menjadi Kepala PPNS sejak 2014 hingga sekarang.

Pada tahun 2003, Jisman mendapatkan penghargaan Satyalancana Karya Satya 10 tahun. Pada 2013, ia mendapatkan penghargaan Satyalancana Karya Satya 20 tahun. Berbagai macam program yang digelutinya antara lain Energy Efficiency Visit di Denmark pada tahun 2017, The 37th ASEAN Minister on Energy Meeting (AMEM) di Thailand pada tahun 2019, serta mengikuti Konferensi Perubahan Iklim PBB COP 26th di Glasgow, Inggris pada 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya