Menperin Jajal Mobil Listrik Toyota Sebelum Ekspor Perdana ke Asia Tenggara hingga Afrika

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menjajal mobil hybrid Toyota yang bakal diekspor.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

VIVA Bisnis – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengunjungi Toyota Plant 3, Karawang, Jawa Barat. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka pelepasan ekspor kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV) dan hybrid yang diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), serta meninjau showroom XEV. 

Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

Berdasarkan pantauan VIVA di lokasi, Agus yang tiba pada pukul 09.46 dalam balutan kemeja putih langsung menandatangani prasasti showroom tersebut.

Usai melakukan penandatanganan, Agus mengelilingi showroom yang juga didampingi oleh Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Taufik Bawazier.

Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita lepas ekspor perdana mobil listrik Toyota produksi dalam negeri.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

Adapun showroom itu merupakan tempat edukasi kendaraan-kendaraan non Internal Combustion Engine (ICE) atau yang tidak 100 persen bertenaga bensin, seperti kendaraan Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHE) dan Full Electric Vehicle.

Konsumen Bisa Jajal Langsung Wuling Cloud EV di PEVS 2024

Agus dalam hal ini juga sempat menjajal mobil listrik yang akan diekspor oleh Toyota. Mobil yang dikendarai oleh Agus yaitu All New Kijang Innova Zenix. Ia menjelaskan, 

"Enak nyaman sekali. Suspensinya bagus. Coba lihat sini interiornya, bagus," ujar Agus.

Sebagai informasi, sepanjang tahun 2023 ini Toyota akan mengekspor All New Kijang Innova Zenix ke empat wilayah, yaitu Asia Tenggara, Afrika, Amerika Latin, dan Timur Tengah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya