Toyota Indonesia Ekspor Perdana Mobil Hybrid, Menperin: 70% Pakai Komponen Dalam Negeri

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita lepas ekspor mobil listrik Toyoto produksi dengan tingkat komponen dalam negeri 70%..
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

VIVA Bisnis – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Selasa, 21 Februari 2023 resmi melakukan ekspor perdana mobil hybrid Kijang Innova Zenix ke Asia Tenggara hingga Amerika Latin. Mobil hybrid itu tercatat 70 persen memiliki kandungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). 

BMW X3 Generasi Terbaru Segera Meluncur, Ini Perbedaan dengan Sebelumnya

Adapun mobil hybrid merupakan kendaraan yang berbasis listrik (Electric Vehicle/EV) dan menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM). 

"Awal ekspor kendaraan listrik hybrid hari ini, mencerminkan fakta bahwa industri otomotif Indonesia telah memasuki tingkat kemampuan dan keunggulan berikutnya. Termasuk rantai pasokan untuk memproduksi produk ramah lingkungan berteknologi tinggi," ujar CEO of Asia Region and President of Toyota Motor Asia Pacific Hao Quoc Tien di Toyota Plant 3, Karawang, Jawa Barat, Selasa 21 Februari 2023. 

Gagahnya Toyota 4Runner Baru

CEO of Asia Region and President of Toyota Motor Asia Pacific, Hao Quoc Tien.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

Hao mengatakan, Kijang Innova Zenix yang diproduksi itu merupakan dasar dari pendekatan Toyota untuk memberikan kontribusi kepada Indonesia.

Gak Nyangka, Bayar Pajak Tahunan Mobil Listrik Cuma Segini

"Dengan keunggulan kompetitif tersebut, Toyota Indonesia akan semakin mengangkat posisinya sebagai salah satu basis produksi dan ekspor utama kami, termasuk untuk kendaraan listrik hybrid, dibangun dengan perakitan baterai lokal, di sini di Toyota Indonesia," jelasnya. 

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita lepas ekspor perdana mobil listrik Toyota produksi dalam negeri.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

Sementara itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, mobil Kijang Innova Zenix hybrid ini 70 persen TKDN. 

"Zenix yang akan kita launch ekspor, lokal konten sekitar 70 persen," ujar Agus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya