Satgas BLBI Catat Perolehan Aset dan PNBP Senilai Rp 28,37 Triliun, Ini Rinciannya

Pemasangan plang aset eks BLBI. (ilustrasi)
Sumber :
  • Dokumentasi Satgas BLBI.

VIVA Bisnis – Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana BLBI (Satgas BLBI), berhasil mencatatkan perolehan aset dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), berupa aset seluas 39.005.542 m2 dengan estimasi nilai sebesar Rp 28,37 triliun dalam 1,5 tahun terakhir.

KPK Kasasi Vonis Banding Rafael Alun Karena Hartanya Dikembalikan Tidak Disita

Pengarah Satgas BLBI yang juga Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD menjelaskan, perolehan itu antara lain berupa penyetoran PNBP dari obligor/debitur ke kas negara, penyitaan dan penguasaan fisik aset.

"Serta penyerahan aset kepada Kementerian/Lembaga/BUMN/Pemda," kata Mahfud dalam keterangannya, Selasa, 21 Februari 2023.

Lalui Seleksi Ketat, 63 Reksa Dana Sabet Penghargaan Best Mutual Fund Awards 2024

Mahfud pun merinci bahwa perolehan itu antara lain yakni dalam bentuk uang (PNBP ke kas negara) berupa tanah seluas 6.933 m2 dengan nilai sebesar Rp 1,05 triliun, serta penyitaan dan penyerahan barang jaminan/harta kekayaan lain berupa tanah seluas 17,7 juta m2 senilai Rp 13,6 triliun.

Kemudian ada pula penguasaan fisik aset berupa tanah seluas 18,09 juta m2 senilai Rp 8,5 triliun, penyerahan aset kepada Kementerian/Lembaga dan Pemda berupa tanah seluas 2,6 juta m2 senilai Rp 2,6 triliun,  dan PMN non-tunai berupa tanah seluas 540 ribu m2 senilai Rp 2,4 triliun.

Mahfud Tantang MK Kembalikan Marwahnya: Berani Ndak?

Satgas BLBI sita lapangan golf dan 2 hotel di Bogor.

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR (Bogor)

Mahfud menegaskan, sebagai upaya penyelesaian dan pemulihan hak negara terkait BLBI, Satgas BLBI melakukan penagihan kepada debitur/obligor, pemblokiran/penyitaan/penjualan barang jaminan dan/atau harta kekayaan lain milik debitur/obligor, pemblokiran badan usaha, serta melakukan pencegahan bepergian ke luar negeri terhadap debitur/obligor.

"Demikian juga terkait dengan aset properti, dilakukan upaya penguasaan fisik maupun pengamanan yuridis serta penjualan untuk pemulihan hak negara," ujarnya.

Selain itu, dalam hal kegiatan penguasaan fisik, telah beberapa kali dilaksanakan pada periode Juli 2022 sampai Februari 2023 dengan total aset yang berhasil dikuasai mencapai seluas 13.360.112,67 m2.

Satgas BLBI sita lapangan golf dan 2 hotel di Bogor.

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR (Bogor)

Mahfud memastikan, Satgas BLBI melakukan upaya penguasaan fisik atas aset bersama Kanwil DJKN/KPKNL setempat, dengan pengamanan dari Satgas Gakkum Bareskrim Polri, Polres/Polsek setempat, dan dihadiri oleh Pemda/kecamatan/Kelurahan di aset berada.

"Terkait dengan kegiataan penyitaan, sebagai bagian upaya Negara mendapatkan kembali dana BLBI yang telah dikucurkan kepada Bank Putra Surya Perkasa sebesar Rp5,38 triliun, Satgas BLBI melalui Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN) Cabang DKI Jakarta bersama dengan Juru Sita KPKNL Jakarta II, telah melaksanakan penyitaan atas dua harta kekayaan obligor Trijono Gondokusumo selaku pemegang saham PT Bank Putra Surya Perkasa," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya