Terbangkan 4 Pesawat, Garuda Indonesia Angkut 140 Ton Bantuan ke Turki dan Suriah

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA Bisnis – Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia menerbangkan empat pesawat dengan misi kemanusiaan, sambil mengangkut 140 ton bantuan menuju Turki dan Suriah. Pengiriman bantuan itu dilepas langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo, penerbangan GA-7980 dari Bandara Halim Perdanakusuma, yang berupa kebutuhan logistik, makanan, obat-obatan, serta kebutuhan tanggap bencana.

Dewan Keamanan PBB Dikritik karena Gagal Tegakkan Resolusi saat Serangan di Gaza Meningkat

Seluruh bantuan tersebut diangkut menggunakan 4 pesawat Airbus A330-300 yang dioperasikan secara bertahap. Sebanyak dua pesawat di antaranya diterbangkan menuju Bandara Adana Turki melalui Jeddah, dengan GA-7980 dan GA-7880. Sedangkan dua pesawat lainnya bertolak menuju Bandara Internasional Damaskus Suriah melalui Jeddah, dengan GA-7960 dan GA-7860.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, pengoperasian rangkaian penerbangan kemanusiaan tersebut merupakan kontribusi Garuda Indonesia dalam misi kenegaraan. Yaitu dengan menghadirkan aksesibilitas udara serta layanan penerbangan yang aman dan nyaman bagi dukungan kepada negara sahabat.

Kemenag Berikan Bantuan untuk Pendidikan Islam dan Pesantren: Simak Syarat dan Ketentuannya

Garuda Indonesia.

Photo :
  • Dok. Garuda Indonesia

"Kepercayaan pemerintah untuk merealisasikan misi kemanusiaan, terutama untuk mendukung percepatan proses penanganan pascabencana bagi masyarakat di Turki dan Suriah, merupakan sebuah momentum capaian tersendiri bagi kami," kata Irfan dalam keterangannya, Selasa, 21 Februari 2023.

HUT Ke-61, Taspen Tegaskan Komitmen Genjot Kesejahteraan Masyarakat

Bantuan dalam 4 penerbangan yang diinisiasi oleh Pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu, merupakan bagian dari rangkaian penerbangan bantuan kemanusiaan Pemerintah Indonesia kepada masyarakat Turki dan Suriah.

"Sekaligus menjadi manifestasi tersendiri bagi Garuda, karena dapat menjalankan mandat pemerintah merealisasikan misi kemanusiaan Indonesia. Termasuk dalam hal mendukung proses repatriasi warga negara Indonesia untuk bisa kembali ke Indonesia," ujarnya.

Foto satelit dampak gempa di Kota Antakya, Turki

Photo :
  • Maxar Technologies

Sebagai informasi, tiga penerbangan lainnya dijadwalkan berangkat dengan waktu sebagai berikut:

GA-7880 (21/2) berangkat dari Jakarta pukul 11.00 LT tiba di Jeddah pukul 17.30 LT, kemudian terbang dari Jeddah pukul 19.30 LT dan tiba di Turki pukul 22.30 LT. Sedangkan, GA-7960 (21/2) berangkat dari Jakarta pukul 10.30 LT tiba di Jeddah pukul 16.50 LT, perjalanan berlanjut keesokan harinya, Rabu (22/2) pukul 20.20 LT dan tiba di Damaskus pukul 22.40 LT.

Lebih lanjut, GA-7860 (21/2) berangkat dari Jakarta pukul 11.30 LT tiba di Jeddah pukul 17.50 LT, perjalanan berlanjut keesokan harinya, Rabu (22/2) pukul 21.20 LT dan tiba di Damaskus pukul 23.40 LT.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya