Faktor Ini yang Buat Rupiah Keok Lagi Lawan Dolar AS

Uang dolar AS dan rupiah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.

VIVA Bisnis – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Rabu pagi, 22 Februari 2023. Terpantau pukul 09.11 WIB rupiah melemah sebesar 18 poin atau 0,25 persen ke posisi Rp 15.208 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 15.190 per dolar AS.

OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.179 per dolar AS.

Analis PT Sinarmas Futures Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan melemah hari ini. Hal itu karena rilis data indeks manufaktur dan sektor jasa AS.

Indonesian Rupiah Exchange Rate Increases

"Rilis data indeks manufaktur dan sektor jasa AS semalam menunjukkan perbaikan, para pelaku pasar mengambil kesimpulan Bank Sentral AS bisa menerapkan suku bunga yang tinggi untuk waktu yang lebih lama," kata Ariston kepada VIVA, Rabu, 22 Februari 2023.

Karyawati menunjukkan mata uang rupiah dan dolar AS di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir
Stafsus Bantah Erick Thohir Perintahkan BUMN Borong Dolar AS, Ini Penjelasannya

Ariston mengatakan, dengan hal itu yield obligasi AS terus menunjukkan kenaikan karena ekspektasi tersebut. Maka dengan itu, diperkirakan sentimen tersebut akan memicu pelemahan rupiah terhadap dolar AS pada hari ini.

"Di sisi lain, surplusnya current account (transaksi berjalan) dan rencana implementasi kebijakan DHE yang baru bisa menjaga rupiah tidak terlalu melemah," ujarnya.

Adapun untuk hari ini rupiah diperkirakan melemah ke arah Rp 15.220. Sedangkan potensi support atau penguatan di kisaran Rp 15.150.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya