DPR: Presiden Jokowi Usulkan Perry Warjiyo Jadi Gubernur BI Lagi

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

VIVA Bisnis – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengirimkan nama calon Gubernur Bank Indonesia kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Nama Perry Warjiyo yang saat ini masih menjabat sebagai Gubernur BI kembali diusulkan untuk kedua kalinya.

PSI Ungkap Sosok Gubernur yang Tepat Pimpin Jakarta

Ketua Badan Anggaran DPR Said Abdullah menyatakan, DPR sudah menerima nama bakal calon Gubernur BI periode 2023-2028.

"Presiden Joko Widodo, telah mengirimkan nama calon Gubernur BI ke DPR. Presiden Jokowi tampaknya mengusulkan calon Gubernur BI adalah Bapak Perry Warjiyo, tentu saja kami perlu mengamankan kebijakan presiden, sebab kami bagian dari kekuatan politik yang mendukung pemerintah," kata Said dalam keterangannya Rabu, 22 Februari 2023.

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo di Washington D.C.

Photo :
  • ANTARA/Satyagraha

Said mengatakan, BI memiliki peran yang sangat strategis dalam memastikan terkendalinya laju inflasi. Sebab inflasi merupakan hal yang penting, karena dengan inflasi tinggi bisa menjadi malapetaka bagi sebuah pemerintahan.

Corn Imports Down to 450 Thousand Tons

Tugas utama BI lainnya, yaitu memastikan nilai tukar rupiah terhadap sejumlah mata uang utama global, khususnya dolar Amerika Serikat stabil. Karena dengan gejolak rupiah dapat membuat runyam pasar keuangan dalam negeri.  
 
"Oleh sebab itu kemampuan mengorganisir dan membuat keputusan tepat dalam melakukan berbagai operasi pasar yang dijalankan oleh BI, dalam rangka pengendalian inflasi dan nilai tukar sangat penting," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi telah mengantongi nama-nama calon Gubernur Bank Indonesia (BI). Siapa saja nama yang akan diserahkan namanya ke DPR masih dalam pertimbangan. Menurut Kepala Negara, keputusan itu akan ditetapkan pada hari ini atau besok.

“Kita putuskan kalau enggak hari ini, ya besok. Nama-nama sudah masuk,” kata Jokowi setelah meninjau normalisasi Kali Ciliwung di Jakarta, Selasa, 21 Februari 2023.

Logo Bank Indonesia.

Photo :
  • VivaNews/ Nur Farida

Sejumlah nama calon gubernur bank sentral tersebut yang telah beredar di publik antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti, Ketua Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa, dan petahana Perry Warjiyo.

Saat ditemui di lingkungan Istana Kepresidenan beberapa waktu lalu, Sri Mulyani enggan berkomentar saat ditanya mengenai namanya yang santer diberitakan menjadi salah satu Calon Gubernur BI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya