Bali Jadi Tuan Rumah Sportel 2023, Indonesia Pasar Terbesar di Asia Tenggara

Bali Jadi Tuan Rumah penyeleggaraan Sportel 2023
Sumber :
  • Maha Liarosh (Bali)

VIVA Bisnis - Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Sportel yang diselenggarakan di Bali 23-24 Februari 2023. Sportel merupakan pameran tahunan yang mempertemukan para pemilik hak siar program olahraga utama di dunia dan para broadcaster.

Lebih Meriah, PEVS 2024 Bakal Tampilkan 82 Merek Otomotif

Selama lebih dari 30 tahun, Sportel telah menjadi ajang pameran penyiaran olahraga paling bergengsi di dunia. 

Director of Programming & Content Development Transvision I Putu Bidharmasatya mengatakan, Indonesia jadi pasar terbesar di Asia Tenggara, dengan potensi sponsor juga cukup besar.

Garmin Run 2024 Fasilitasi Peserta Disabilitas

"Kalau bicara soal nilai transaksinya berapa, itu susah diprediksi. Karena itu tatarannya di tingkat penjual dan pembeli. Tapi karena sulit diketahui itu jadi menarik untuk diikuti," kata Bidharmasatya di Bali, Rabu, 22 Februari 2023.

Director of Programming & Content Development Transvision I Putu Bidharmasatya

Director of Programming & Content Development Transvision I Putu Bidharmasatya

Photo :
  • Maha Liarosh (Bali)
Menkes Budi Paparkan Penanganan Penyakit Arbovirus

Event ini diikuti lebih dari 400 partisipan. Namun, menurut Bidharmasatya, jumlah itu kemungkinan akan bertambah. Sebab, masih ada partisipan yang melakukan pendaftaran hingga H-1.

Dari jumlah yang dipastikan hadir di Bali, kata Bidharmasatya, setengahnya akan didominasi para eksebitor. Mereka akan menawarkan sejumlah hak siar pertandingan olahraga. Bahkan, siaran olimpiade juga sudah mulai ditawarkan di wilayah Asia.

Bidharmasatya menambahkan, hampir semua siaran olahraga yang masuk peringatan top tier hadir di Sportel Rendez-Vous Bali. 

"Sebut saja Liga Inggris maupun Bundes Liga semua hadir disini," ujarnya.

Dari sisi market yang cukup diminati, kata Bidharmasatya, sepak bola cukup diminati oleh calon pembeli hak siar. Menurut Bidharmasatya, selama ini mencuat isu bahwa sepakbola menjadi bahasa universal.

Dalam hal ini, pertandingan olahraga sepakbola  dapat diterima pasar hampir di seluruh belahan dunia. Bidharmasatya menambahkan, berbeda halnya dengan cabang olahraga lain yang hanya negara-negara tertentu saja memiliki ketertarikan.

Bali Jadi Tuan Rumah penyeleggaraan Sportel 2023

Photo :
  • Maha Liarosh (Bali)

"Seperti badminton misalnya, mungkin di Indonesia atau India, tapi negara lain tidak begitu banyak punya basis penonton," jelasnya demikian.

Sportel Rendez-Vous Bali akan jadi titik pertemuan bagi broadcaster Asia. Indonesia dianggap memiliki pasar pemirsa yang besar untuk berbagai acara olahraga kelas dunia, khususnya sepak bola.

"Indonesia menjadi negara yang menyiarkan siaran langsung olahraga secara gratis," kata Bidharmasatya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya