Literasi dan Inklusi Keuangan Perempuan RI Harus Diperluas, Ini Urgensinya

Ilustrasi mengelola keuangan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Bisnis – Kaum perempuan Indonesia dinilai masih memiliki hambatan besar yang menghalangi mereka, khususnya terhadap akses literasi dan inklusi keuangan.

Remaja Perempuan 16 Tahun Ditemukan Tewas Usai Ngamar Bareng 2 Pria di Hotel Jaksel

Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tingkat literasi keuangan perempuan Indonesia hanya sebesar 36,13 persen dan tingkat inklusi keuangannya sebesar 75,15 persen.

Karenanya, program 'BeYoutiful Inside Out' digadang-gadang oleh Sun Life Indonesia, berupaya menyajikan edukasi dan pemaparan yang berguna untuk mendorong peningkatan kapasitas wanita Indonesia sekaligus mengembangkan potensi mereka dalam berkarya dan berkontribusi.

Harga Emas Hari Ini 25 April 2024: Produk Antam Melorot, Global Bervariasi

Presiden Direktur Sun Life Indonesia, Elin Waty

Photo :
  • Repro video.

"Sun Life Indonesia juga akan mendorong kolaborasi wanita sebagai tenaga pemasar, yang melakukan pengembangan bisnis, mewujudkan strategi berkelanjutan, dan pemberian edukasi terhadap masyarakat soal pentingnya memiliki proteksi dan perencanaan keuangan sedini mungkin," kata Presiden Direktur Sun Life, Elin Waty, dalam keterangannya, Rabu, 22 Februari 2023.

Rupiah Melemah ke Level Rp 16.192 Per Dolar AS, Investor Cermati Dinamika Konflik Timur Tengah

Dia mengatakan, selama tiga dekade Sun Life telah berkontribusi di Indonesia, dan melihat besarnya peranan wanita untuk mengelola keuangan keluarga dan berpartisipasi penuh di masyarakat demi meningkatkan potensi generasi penerus bangsa.

Elin menyadari, dukungan ini diberikan guna meningkatkan upaya mereka di bidang ekonomi dan mendorong terciptanya pertumbuhan inklusif pada pemulihan ekonomi berkelanjutan.

"Serta menciptakan dampak ekonomi yang transformasional," ujarnya.

Diketahui, setelah mendatangi sejumlah kota di Indonesia, Program 'BeYoutiful Inside Out' dari Sun Life Indonesia kini diselenggarakan di kota Bandung. Acara yang telah dilaksanakan sejak bulan Januari 2023 ini masih melibatkan partisipasi wanita, untuk turut serta menjadi pendukung dalam membangun dunia yang sejahtera dan berkelanjutan.

Dengan mengangkat tema 'Wanita Sehat dan Fit Secara Mental Serta Finansial yang Kuat dan Mengagumkan', Program 'BeYoutiful Inside Out' ini merupakan suatu wadah awal bagi perempuan Indonesia agar bisa bergabung sebagai Tenaga Pemasar asuransi dan melihatnya sebagai kesempatan peluang usaha.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya