PPKM Dicabut, Bangkitnya Perekonomian Mal di Indonesia

Alfonsus Widjaja, Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI)
Sumber :
  • Viva.co.id: Zaki Islami

VIVA Bisnis - Setelah dicabutnya PPKM oleh pemerintah, tampaknya mal-mal di Indonesia akan segera bangkit kembali hal itu disampaikan langsung Alphonzus Widjaja selalu ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI).

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Seperti diketahui, beberapa mal di Indonesia ada yang terpaksa harus tutup ketika Covid-19 melanda Indonesia ditambah dengan adanya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Heru Budi Hartono Penjabat Gubernur Jakarta

Photo :
  • Viva.co.id: Zaki Islami
Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Hal tersebut juga didorong oleh keinginan Presiden Jokowi ke beberapa mal menjadi perhatian. Kunjungan tersebut merupakan salah satu kebangkitan perekonomian mal pasca dicabutnya PPKM.

Selain itu, APPBI sangat optimis dengan pemulihan perekonomian Indonesia serta siap menghadapi tantangan setelah PPKM dicabut. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua APPBI Alphonzus Widjaja.

Terinspirasi Langkah Indonesia, Amerika Serikat Suarakan Penundaan dan Perubahan Kebijakan EUDR

"Selama Covid-19 melanda dua tahun, jadi pembelanjaan melalui online meningkat karena tidak boleh keluar dan harus berdiam di rumah. Sehingga apa yang dilakukan orang-orang membeli sesuatu dengan belanja online dan tidak ada jalan lain," kata Alphonzus Widjaja, Kamis 23 Februari, di Grand Hyatt.

"Ketika PPKM sudah dicabut dan Covid 19 relatif sudah terkendali pembelanjaan online pun kembali normal, bukan turun yah, ada juga kan pedagang online yang tutup, tapi bukan berarti pembelanjaan melalui online turun melainkan kembali normal." lanjutnya.

Ia memaparkan lebih lanjut, ketika PPKM sudah mulai dicabut banyak orang-orang yang sudah kembali ke mal lagi. Hal ini merupakan bukti kebangkitan perekonomian mal di Indonesia mulai stabil.

Mall atau Pusat Perbelanjaan Sepi Pengunjung

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Alphonzus Widjaja mengungkapkan kemungkinan bakal ada lebih dari lima malĀ akan dibangun di Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek). Namun ia juga menyampaikan beberapa kendala ketika membangun mal di DKI Jakarta seperti mahalnya pembelian tanah ketika akan membangun mal.

"Dalam beberapa waktu kedepan tidak akan bisa membangun mal di Jakarta, karena membangun mal tidak bisa berdiri sendiri harus konsepnya mixed-use, biasanya digabung dengan hotel, apartemen, kantor dan sebagainya. Pasalnya tanahnya juga sudah mahal sekali, jadi pembangunan sudah banyak di Bodetabek," tutur Alphonzus Widjaja.

Dalam seminar pembukaan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) dihadiri juga oleh PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. Ia menyambut baik acara tersebut serta berharap perekonomian mal bisa kembali stabil pasca dicabutnya PPKM.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya