Lebih Tajir dari Dirjen Pajak, Sumber Kekayaan Rafael Alun Trisambodo Bakal Ditelusuri Kemenkeu

Sosok Rafael Alun Trisambodo
Sumber :
  • Facebook: KPP PMA DUA

VIVA Bisnis – Nama Kepala Bagian Umum Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jakarta Selatan, Rafael Alun Trisambodo mendadak viral. Itu terjadi setelah putranya, Mario Dandy Satrio menjadi tersangka kasus penganiayaan terhadap seorang anak pengurus GP Ansor bernama David hingga mengalami koma.

KPK Ungkap Masih Ada 6 Menteri dan 3 Wakil Menteri Jokowi Belum Lapor LHKPN

Apalagi, belakangan terungkap bahwa ternyata putranya itu kerap mamerkan barang mewahnya di media sosial. Ditambah lagi, total harta kekayaan Rafael terungkap lebih besar dari harta Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Suryo Utomo berdasarkan laporan harta kekayaan pejabat negara (LHKPN).

Terkait hal itu, Suryo Utomo pun menegaskan bahwa pihaknya akan menelusuri integritas dan sumber kekayaan Rafael, yang totalnya mencapai hingga Rp 56 miliar itu. Dia bahkan memastikan bahwa Kemenkeu telah memiliki mekanisme tersendiri dalam menelusuri masalah integritas para pegawainya, termasuk dalam hal LHKPN.

Zulhas Enggan Revisi Aturan Barang Bawaan dari Luar Negeri: Bayar Pajak Dong!

"Kementerian keuangan mempunyai mekanisme dalam upaya pencegahan dan deteksi terhadap pelanggaran integritas," kata Suryo sebagaimana dikutip dari Instagram @ditjenpajakri, Kamis, 23 Februari 2023.

Direktur Jenderal Pajak Kemenkeu, Suryo Utomo.

Photo :
  • Instagram
KPK Kasasi Vonis Banding Rafael Alun Karena Hartanya Dikembalikan Tidak Disita

Salah satu caranya yakni melalui analisis dan pemeriksaan terhadap laporan harta kekayaan penyelenggaraan negara (LHKPN), dan Aplikasi Laporan Perpajakan dan Harta Kekayaan (ALPHA). "Sebagai bentuk pertanggungjawaban atas harta kekayaan pribadi sebagai penyelenggara negara," imbuhnya.

Saat ini, lanjut Suryo, unit kepatuhan internal Direktorat Jenderal Pajak telah bekerja sama dengan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan guna memanggil pegawai Dirjen Pajak tersebut dalam rangka pemeriksaan.

"Saya menyampaikan terima kasih atas perhatian yang diberikan para pihak, dan atas informasi yang disampaikan akan dilakukan tindak lanjut sesuai ketentuan yang berlaku," ujarnya.

Mario Dandy Satriyo, anak pejabat Ditjen Pajak yang menjadi tersangka

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

Diketahui, kasus pengeroyokan yang dilakukan Mario Dandy Satrio terhadap korban bernama David di wilayah Pesanggrahan, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu, turut membuat nama orangtua Dandy, Rafael Alun Trisambodo, ikut terseret. Rafael diketahui merupakan Kepala Bagian Umum Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jakarta Selatan

Berdasarkan LHKPN KPK, diketahui Rafael Alun Trisambodo memiliki harta kekayaan yang jauh lebih besar dari atasannya, yakni Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Suryo Utomo yang hanya memiliki total kekayaan Rp 14,4 miliar. Sementara, total kekayaan Rafael mencapai Rp 56 miliar, di mana hampir seluruh asetnya berada di tanah dan bangunan yang jumlahnya mencapai Rp 51 miliar. Tanah dan bangunan milik Rafael tersebar di Sleman, Manado, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan.

Selain itu, mobil mewah yang dipakai anaknya, Jeep Rubicon dan motor Harley Davidson belum terdaftar dalam LKHPN.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya