Resmikan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II, Jokowi Kasih Instruksi Khusus ke Ganjar

Jokowi resmikan Jalan tol Semarang-Demak.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno.

VIVA Bisnis – Jalan tol Semarang - Demak seksi II resmi dibuka untuk umum pada hari ini. Peresmian Jalan Tol Semarang-Demak seksi II dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo, didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimulyono, Gubernur Ganjar Pranowo, dan Bupati Demak, Eisti'anah. Peresmian ditandai dengan menekan tombol sirine oleh Presiden Jokowi.

PDIP Gugat KPU ke PTUN, Ganjar: Tugas Saya dan Pak Mahfud Berakhir Usai Putusan MK

Pada kesempatan itu, Presiden meminta agar pemerintah daerah setempat yang dilalui jalan tol  agar menyambungkan dan mengintegrasikan jalan tol ini dengan kawasan industri di wilayahnya. Sehingga keberadaan tol ini dapat memberikan manfaat kecepatan, baik untuk transportasi logistik, maupun membawa produk olahan.

"Alhamdulillah pada siang hari ini jalan tol Semarang-Demak Seksi II Ruas Sayung Demak sudah selesai dan siap untuk dioperasikan. Tol ini sepanjang 16,01 km dengan anggaran Rp5,9 triliun," kata Jokowi dalam sambutannya.

Budi Gunadi Klaim Berhasil Jadi Menkes Karena Jokowi Tidak Pernah Masuk Rumah Sakit

Selain disambungkan diintegrasukan dengan kawasan industri, Jokowi juga ingin jalan tol ini juga sekaligus menjadi tanggul laut.

Jalan Tol Semarang Demak Paket 2.

Photo :
  • Dokumentasi PT PP.
Menkes: Kalau Mau Mencapai Indonesia Emas 2045, Masyarakat Harus Sehat dan Pintar

"Bisa menjadi tanggul laut, sehingga rob yang ke depannya semakin jauh dan levelnya semakin tinggi masuk ke daratan akibat perubahan iklim sedikit bisa dicegah dengan jalan tol ini," kata Presiden.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang mendampingi Presiden Joko Widodo, berharap agar ?m?jalan tol sepanjang 16,01 kilometer itu bisa menyelesaikan persoalan macet dan banjir rob di kawasan Pantura Sayung, Demak.

"Mudah-mudahan bisa berfungsi dengan baik, karena tol ini dibangun dalam rangka mengurai kemacetan dan menyelesaikan persoalan terkait banjir rob di kawasan ini," jelas Ganjar setelah acara.

Ganjar menambahkan, harapan Presiden yang ingin agar jalan tol Semarang-Demak dapat mengintegrasikan kawasan strategis seperti kawasan industri sangat bagus.

"Presiden meminta Pemda mulai gubernur, bupati, wali kota untuk memanfaatkan tol ini dengan cara menyiapkan akses jalan menuju ke sumber-sumber ekonomi. Dengan begitu, maka tol ini bisa benar-benar manfaat," katanya.

Ruas tol Semarang-Demak

Photo :
  • Istimewa

Ganjar juga menyinggung terkait persoalan pembebasan lahan di proyek tol itu. Saat peresmian, ada beberapa warga yang menyampaikan keluhan kepada presiden.

"Kami senang dan berterima kasih karena Presiden Jokowi luar biasa. Beliau menemui perwakilan masyarakat yang merasa belum puas. Tadi ditemui dan Presiden Jokowi menyampaikan akan diselesaikan. Mudah-mudahan masyarakat bisa berkomunikasi dengan baik," ungkapnya.

Laporan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya