Pemerintah Dorong Lulusan Ponpes Buka Lapangan Kerja, Begini Caranya

Pola pikir entrepreneur.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Bisnis – Staf Khusus Wakil Presiden, Arif Rahmansyah Marbun mendukung penuh program dan inisiasi Idepreneurs dalam upaya mencetak konglomerasi baru di kalangan anak muda Indonesia.

Gibran Diberi Wejangan Ma'ruf Amin: Presiden dan Wakil Presiden Harus Kompak

Arif Rahmansyah yang juga merupakan salah satu Ketua PBNU Bidang Perekonomian ini mengungkapkan, kalangan muda memiliki potensi besar ikut serta membangun bangsa. Mereka bisa menjadi pengusaha dengan membuka lapangan kerja.

"Hal itu juga seirama dengan program Wapres untuk mencetak pengusaha-pengusaha muda yang peduli dengan pondok pesantren, berbagai program bisnis juga sosial ditawarkan oleh mereka untuk ponpes serta lingkungannya," kata Arif pada acara Annual Meeting 2023 Ide Preanersclub di Mason Pine, Kota Baru Parahyangan, Bandung, dikutip dari keterangannya, Minggu, 26 Februari 2023.

Gibran Sowan ke Rumah Dinas Wapres Ma'ruf Amin, Langsung Cium Tangan

Acara tersebut dihadiri secara daring oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menkraf) Sandiaga Uno. Selain itu, Tjahjono Haryono,  Jusuf Hamka, dan Ketua Umum Idepreanersclub Wibi Setiyofen. Hadir juga dalam acara tersebut Direktur Komersial RNI Ardiansyah Chaniago.

"Saya kira mereka bisa tumbuh menjadi pengusaha yang bisa memberi manfaat bagi bangsa ini. Saya lihat anak muda di Idepreanersclub punya potensi yang cukup. Kalau mereka terus kita dorong dan kembangkan, bisa melahirkan konglomerasi baru," jelas Ketua PBNU ini.

Gibran Akan Temui Wapres Ma'ruf Amin Sore Ini

Namun, kalangan muda tetap harus menjalin kolaborasi dengan pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya. Dengan kolaborasi, mereka menjadi kuat.

"Pengusaha bantu Pemerintah, kami juga bantu pengusaha. Saya siap mengorkestrasi Idepreneursclub ini dengan menerapkan ‘Kerukunan Bisnis’ sebagai simbol sakral yang harus dimiliki tiap anggotanya," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Komersial RNI (ID Food) Ardiansyah Chaniago dalam acara tersebut mempersilahkan 465 pengusaha Idepreneurs menjadi mitra strategis di holding pangan tersebut dengan  menjunjung tinggi kode etik dan  prilaku (AKHLAK).

Idepreneur.

Photo :
  • Istimewa.

Wibi Setiyofen mengatakan, Ide Preaner Club terus mendorong generasi muda terlibat pada pembangunan bangsa. Mereka bisa terlibat menjadi entrepreneur dan menciptakan lapangan kerja. Di tengah kondisi ekonomi saat ini, membuka lapangan kerja akan membantu mengangkat kemiskinan. 

"Pemuda memiliki peran penting, dengan menjadi entrepreneur dan membuka lapangan kerja. Tapi memang perlu  kolaborasi," jelas dia.

Idepreanersclub, kata dia, adalah organisasi non profit dengan ratusan anggota dari seluruh Indonesia. Mereka berasal dari pengusaha industri, pabrikasi, F&B, startup (aplikasi), dan lainnya. Juga beberapa anggota yang bergerak pada organisasi sosial. 

"Kami hadir dari berbagai darah, membangun  jejaring untuk kolaborasi. Kami akan fokus di netwoking, kolaborasi, membuka peluang kerja. Harapannya, kami bisa membantu membuka lapangan kerja," imbuh dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya