Tiket Kereta Api Untuk Mudik Lebaran Sudah Bisa Dipesan Hari Ini

Ilustrasi kereta api.
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA Bisnis – Tiket Mudik Lebaran Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) untuk keberangkatan H-10 pada momen lebaran 1444 H, sudah dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, serta seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya. Khusus penjualan tiket Angkutan Lebaran kali ini, KAI (Persero) menerapkan kebijakan pembelian tiket oleh masyarakat dapat dilakukan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Melalui kebijakan tersebut, maka pada Minggu, 26 Februari 2023, pelanggan sudah dapat membeli tiket KA keberangkatan awal dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen untuk jadwal berangkat 12 April 2023 dan seterusnya sesuai kebijakan pemesanan tiket yang sudah dapat dipesan mulai H-45. 

Suasana penumpang kereta api di Stasiun Gambir. (Ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/Willibrodus
IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Sebelumnya, di luar masa Angkutan Lebaran, penjualan tiket KA Jarak Jauh baru dapat dilakukan mulai 30 hari sebelum jadwal keberangkatan (H-30), namum dengan kebijakan pemesanan terbaru ini diharapkan masyarakat dapat lebih leluasa merencanakan perjalanan pada moment arus mudik lebaran.

Untuk lebih memudahkan proses transaksi, masyarakat disarankan melakukan pembelian melalui aplikasi KAI Access. 

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

"Daop 1 Jakarta mengingatkan kepada calon pelanggan agar selalu teliti dalam memilih tanggal dan rute serta melakukan pemeriksaan kembali pada proses pengisian data diri saat melakukan pemesanan tiket," tulis Daop 1 Jakarta dalam keterangan persnya, Minggu, 26 Februari 2023.

"Calon pengguna juga dihimbau agar memperhatikan kembali syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum melakukan transaksi tiket KAJJ," tambahnya.

Para calon penumpang kereta yang akan mudik ke kampung halaman mereka duduk dan menunggu di kursi-kursi selasar Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis, 30 Mei 2019.

Photo :
  • VIVA/Edwin Firdaus

Sampai dengan saat ini terdapat sekitar 30 ribu pengguna jasa KA Jarak Jauh per hari yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta, dengan total rata-rata perjalanan 60 KA perhari yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

Jumlah tersebut masih akan mengalami perubahan dengan adanya program pemberangkatan KA tambahan yang biasanya dijalankan pada masa angkutan lebaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya