Penerbangan Naik 100 Persen Saat Arus Balik Ajang F1 Powerboat Danau Toba

Penerbangan naik saat arus balik ajang F1 Powerboat Danau Toba.
Sumber :
  • Dok. Angkasa Pura II

VIVA Bisnis – Bandara Raja Sisingamangaraja XII di Siborong-borong, Tanapuli Utara, hari ini mulai melayani kepulangan para delegasi dari perhelatan ajang balap F1 Powerboat Danau Toba. Termasuk para wisatawan dari lokal maupun mancanegara.

Potret Layanan Ratusan Mitra Utama Bea Cukai Tanjung Priok

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (AP II), Muhammad Awaluddin mengatakan, puncak kepulangan delegasi dan para wisatawan dari ajang F1 Powerboat itu terjadi pada 27-28 Februari 2023.

"Pada dua hari puncak kepulangan ini, lalu lintas penerbangan cukup sibuk. Kami telah menyiapkan rencana operasi sehingga pengaturan pesawat di sisi udara dapat berjalan dengan baik dan pelayanan di terminal juga maksimal," kata Awaluddin dalam keterangannya, Senin, 27 Februari 2023.

Berasa Idol, Rezky Aditya Terekam Kamera Dispatch Saat Jalan di Bandara Incheon

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhamad Awaluddin

Photo :
  • VIVA/Sherly

Awaluddin menjelaskan, seluruh fasilitas sisi udara (air side) dan sisi darat (land side), telah siap dalam mengakomodir tingginya lalu lintas penerbangan. Runway dan parking stand juga dipastikan siap, dalam mengakomodir tingginya lalu lintas penerbangan.

Status Gunung Ruang Turun Jadi Siaga, Bandara Sam Ratulangi di Manado Kembali Beroperasi

"Koordinasi dilakukan AP II dan stakeholder lainnya di bandara guna memastikan kelancaran penerbangan," ujarnya.

Sementara, Executive General Manager Bandara Raja Sisingamangaraja XII, Ardon Marbun menjelaskan, hari ini terdapat total 22 penerbangan baik keberangkatan dan kedatangan. "Meningkat lebih dari 100 persen dari hari normal yang biasanya 10 penerbangan (keberangkatan dan kedatangan)," kata Ardon.

Seluruh pergerakan pesawat melayani rute Bandara Sisingamangaraja XII-Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang). Hari ini terdapat 2 extra flight, yakni Batik Air dan AirAsia Indonesia.

Load factor atau tingkat keterisian penumpang maskapai diakui Ardon juga sangat baik, di mana setiap penerbangan ada di atas 90 persen. Diperkirakan, total jumlah penumpang pada hari ini mencapai sekitar 2.500 penumpang.

"Naik signifikan dari hari normal yang berkisar 1.000-1.400 penumpang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya