Perkuat Pengamanan RI, Perusahaan Ini Sebar Wifi Gratis di 11 Titik Area Perbatasan

Ilustrasi koneksi WiFi
Sumber :
  • www.pixabay.com/StockSnap

VIVA Bisnis – Anak usaha PT Mora Telematika Indonesia Tbk, PT Palapa Timur Telematika, memberikan akses wifi gratis ke 11 pos penjagaan wilayah perbatasan Indonesia. Langkah itu dilakukan dengan tujuan membantu dan mempermudah akses komunikasi para prajurit di wilayah perbatasan.

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi

Saat ini sebanyak 11 titik wifi gratis telah dipasang, di mana 10 titik akses wifi berada di pos-pos satgas TNI wilayah perbatasan, dan satu titik akses wifi di pos polisi yang berada di Muting Kabupaten Merauke guna mendukung keamanan pada wilayah perbatasan.

Direktur Operasional Palapa Timur Telematika Eddy Siahaan dalam keterangan di Jakarta, Senin, mengatakan, jaringan wifi di wilayah perbatasan tersebut bersinergi dengan jaringan kabel yang sudah ditanam di dasar laut atau jaringan serat optik. Jaringan itu dibangun oleh operator telekomunikasi untuk mempercepat proses transfer data dan internet di wilayah Papua.

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

Wifi gratis (free wifi).

Photo :
  • Instagram/@richardsydneyallen

"Kami percaya semakin bernilainya sebuah perusahaan adalah saat perusahaan dapat memberikan manfaat bagi orang banyak. Kami berharap agar pemberian akses wifi ini dapat dimanfaatkan dan juga dijaga bersama-sama," ujar Eddy dikutip, Selasa, 28 Februari.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Sementara itu, Komandan Korem 174/ATW Brigjenl TNI Evi Reza Pahlevi mengatakan, selama ini akses telekomunikasi di wilayah-wilayah tersebut terbilang sulit dan untuk berkomunikasi dengan telepon 2G pun tidak bisa dilakukan karena merupakan wilayah blank spot. Komunikasi hanya bisa dilakukan melalui surat menyurat, atau harus berjalan jauh ke titik sinyal yang berjarak belasan kilometer dari lokasi pos.

"Pemberian wifi gratis ini sangat bermanfaat untuk mempermudah komunikasi saat penjagaan maupun berkomunikasi dengan keluarga dan sanak saudara. Selain itu, masyarakat yang membutuhkan internet juga bisa menggunakan wifi gratis yang tersedia di pos-pos perbatasan," ujar Evi.

Adapun sejak diresmikan pada 28 Oktober 2022, akses wifi gratis tersebut turut membantu keamanan nasional di wilayah perbatasan RI dan Papua Nugini. Pemberian akses wifi gratis itu ke depannya diharapkan dapat berlanjut, khususnya untuk wilayah pos-pos TNI yang yang berada di luar jalur ring Palapa Timur.

"Kami sampaikan bahwa jaringan internet di pos-pos selama ini tidak ada, kalaupun ada itu hanya relatif terbatas dan dengan cara yang tidak mudah hanya untuk berkomunikasi dengan keluarga ataupun kepada komandan satuannya yang ada di daerah homebase-nya sebelum melakukan operasi di sini," kata Evi.

PT Palapa Timur Telematika adalah Badan Usaha Pelaksana yang telah berhasil membangun Proyek Palapa Ring Timur dengan total panjang kabel fiber optik sejauh 7.003 km.

Terdiri dari jaringan kabel fiber optik darat (inland) sepanjang 2.446 km kemudian 4.557 km kabel fiber optik bawah laut (submarine) dan terdapat juga radio microwave untuk wilayah yang sulit dijangkau seperti dataran dan pegunungan tinggi dengan jumlah 52 tower dan 49 hop radio microwave. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya