Kemenkeu Terima Surat Pengunduran Diri Rafael Ayah Mario Dandy, Wamenkeu: Ditolak

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

VIVA Bisnis – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan, telah menerima surat pengunduran diri Rafael Alun Trisambodo (RAT) pada 27 Februari 2023. Surat pengunduran diri ayah dari Mario Dandy itu diterima Kemenkeu melalui Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Rubicon Mario Dandy Nggak Laku Dilelang Diduga Gegara Mahal, Ini Kata Kejari Jaksel

"Kemenkeu telah menerima surat pengunduran diri yang bersangkutan (Rafael) 24 Februari 2023, dan kami terima 27 Februari 2023 melalui Direktorat Jenderal Pajak," ujar Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara Rabu, 1 Maret 2023.

Suahasil menyatakan, dengan diterimanya surat pengunduran diri itu, Kemenkeu menegaskan bahwa surat pengunduran diri Rafael ditolak.

Fortuner vs Pajero Sport Bekas, Pajak Tahunannya Murah Mana?

"Terkait hal itu berdasarkan PP 11/2017 diubah PP 17/2020 dan kemudian Peraturan Kepala BKN 3/2000. Maka pegawai dalam proses pemeriksaan tidak dapat mengundurkan diri, dengan itu pengajuan diri RAT ditolak," tegasnya.

Kabag Umum Kanwil DJP Jaksel Rafael Alun Trisambodo.

Photo :
  • Tangkapan layar Anisa Aulia/VIVA.
Rubicon Mario Dandy Gak Laku Dilelang, Harganya Diturunkan

Sebelumnya diberitakan, Kemenkeu menyatakan, belum menerima secara resmi surat pengunduran diri Rafael Alun Trisambodo. Sebab sebelumnya pada Jumat, 24 Februari Rafael melalui keterangan surat bermaterai menyatakan bahwa dia mundur dari jabatan dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Mengundurkan diri kan harus ada formalnya. Kemarin kan disampaikan secara ke publik terbuka, tapi kan formalnya belum kita lihat, belum kita terima secara formal," ujar Staf Ahli Bidang Pengawasan Pajak Kemenkeu Nufransa Wira Sakti kepada awak media di Kantor Kemenkeu, Senin, 27 Februari 2023.

Frans begitu panggilan akrabnya mengatakan, jika nantinya Kemenkeu sudah menerima surat pengunduran diri itu tidak lantas surat itu langsung diterima.

Gedung Kementerian Keuangan.

Photo :
  • Arrijal Rachman/VIVAnews.com

"Kita lihat dulu seperti apa prosedurnya sehingga kita tidak semata-mata begitu mundur langsung diterima, tidak. Kita lihat dulu seperti apa," jelasnya.

Frans menyebutkan, juga tidak menutup kemungkinan sebelum proses pengunduran diri Rafael diterima akan terlebih dahulu dilakukan penyelidikan atau pemeriksaan.

"Tidak menutup kemungkinan juga sebelum proses pengunduran dirinya diterima akan dilakukan penyelidikan dulu terhadap beliau sampai nanti ada kejelasan baru kita putuskan apakah diterima atau tidak. Tapi ada proses di antara itu," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya