Transformasi Digital Ditegaskan Bisa Genjot Kinerja Industri, Begini Penjelasannya

Digitalisasi ABB
Sumber :
  • Dok: ABB

VIVA Bisnis – Transformasi digital mengubah secara fundamental bagaimana suatu perusahaan di berbagai industri beroperasi, berkomunikasi, dan berinteraksi dengan pelanggannya. Hal tersebut dinilai mutlak dilakukan untuk memastikan kinerja bisnis terus meningkat.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Fakta tersebut yang mendasari perusahaan global penyedia solusi untuk proses industri dan manufaktur, ABB, terus melakukan terobosan. Salah satunya mendorong berbagai industri untuk bertransformasi digital.

Adapun sektor utama ABB Process Industries ialah pulp dan kertas, semen, logam, pertambangan, gearless mill drive (GMD), hoist, makanan dan minuman, otomatisasi data center, rectifier daya tinggi, dan baterai.

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023

"Anggapan bahwa proses transformasi digital berlangsung dalam jangka waktu tertentu, tidak benar. Transformasi digital merupakan proses berkelanjutan, dan hal yang paling harus diperhatikan bukan hanya teknologi, melainkan perubahan dalam manajemen perusahaan," ujar Sanjit Shewale, Vice President Global Head of Digital Process Divisi Industri di ABB, dikutip dari keterangannya, Kamis, 2 Maret 2023.

Digitalisasi.

Photo :
  • INSEAD Knowledge
Dharma Polimetal Tebar Dividen 2023 Rp 171,29 Miliar, 28 Persen dari Laba Bersih

Dia menegaskan, transformasi digital sangat penting untuk dilakukan, terutama dalam meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi risiko pelanggaran, dan meminimalkan risiko kesalahan manusia. Metode kerja yang lama kian mengalami disrupsi karena perusahaan ingin menumbuhkan budaya digital dan meningkatkan kemampuan karyawan agar siap menghadapi transformasi yang terjadi.

"ABB mengambil tanggung jawab dalam membangun dan mengedukasi para pemangku kepentingan di perusahaan. Agar memiliki pola pikir yang berorientasi pada tujuan, serta menyadari pentingnya transformasi digital untuk efisiensi, pertumbuhan, dan keberlanjutan perusahaan," tambahnya.

Sementara itu, Digital Sales Manager ABB Process Industries untuk Wilayah Asia Tenggara, Deepak Goyal menambahkan, digitalisasi telah mengubah proses industri perusahaan di seluruh Asia Tenggara.

"Mengingat teknologi baru ini dapat mengotomasi dan memonitor secara akurat aktivitas yang kompleks, digitalisasi tentu akan memperkuat produktivitas dan efisiensi," singkatnya.

Digitalisasi.

Photo :
  • INSEAD Knowledge

Solusi transformasi digital dari ABB dikembangkan untuk mendorong dan mengelola proses dalam skala industri. Diawali dengan mengidentifikasi tujuan masa depan perusahaan, kegiatan ini berlanjut ke tahap pembuatan arsitektur digital, lalu memetakan dengan jelas perjalanan transformasi digital yang akan berlangsung sebelum menerapkan perubahan strategis di manajemen perusahaan.

Setelah itu, dengan memanfaatkan teknologi artificial intelligence, machine learning, dan ekosistem yang ada, ABB akan fokus memberikan solusi yang menguntungkan bagi para pelanggan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya