Sederet Harta yang Tak Diakui Rafael Alun saat Dikonfirmasi Irjen Kemenkeu

Rafael Alun Trisambodo Usai Diperiksa KPK
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Bisnis –  Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sudah melakukan pemeriksaan terhadap Rafael Alun Trisambodo soal kendaraan mewah yang dipamerkan melalui media sosial. Namun, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Inspektorat Jenderal Kemenkeu, Rafael mengaku bahwa kendaraan itu bukan miliknya.

Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS

Adapun kendaraan yang diperiksa Kemenkeu itu diantaranya, mobil Rubicon, Land Cruiser, Harley Davidson, dan Yamaha, BMW putih. Mobil Rubicon itu sebelumnya sempat membuat publik gempar, dikarenakan pamer yang dilakukan oleh Mario Dandy Satriyo yang merupakan anak dari Rafael.

"Mobil Rubicon, Land Cruiser, Harley Davidson, Yamaha, BMW putih diakui oleh saudara RAT bukan milik dia, namun merupakan milik pihak lain. Rubicon diakui Rafael Alun milik kakaknya," ujar Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam konferensi pers dikutip Jumat, 3 Maret 2023.

MPMInsurance Ungkap Perlindungan Asuransi Kecelakaan yang Banyak Orang Belum Tahu

Suahasil mengatakan, dari pemeriksaan itu juga Rafael mengaku bahwa kendaraan selain itu merupakan milik anak menantunya.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia
Ford Fiesta Nekat Tembus Jalur Bromo, Berujung Tersangkut di Rawa

Kemenkeu sendiri melalui Inspektorat Jenderal Kemenkeu telah meminta Rafael untuk menunjukkan bukti kepemilikan kendaraan.

"Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan telah meminta RAT menunjukkan bukti kepemilikan agar diketahui pemilik dan status kendaraan status kendaraan tersebut," jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Rafael Alun tercatat memiliki total kekayaan Rafael mencapai Rp 56 miliar. Dalam hal ini hampir seluruh asetnya berada di tanah dan bangunan yang jumlahnya mencapai Rp 51 miliar.

Untuk tanah dan bangunan milik Rafael tersebar di Sleman, Manado, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan.

Sebelumnya diberitakan, Rafael Alun Trisambodo, yang anaknya melakukan penganiayaan terhadap anak pengurus GP Ansor sudah meminta maaf dan siap memberikan klarifikasi mengenai harta kekayaan yang dimilikinya.

Mobil Jeep Rubicon yang digunakan tersangka Mario Dandy menganiaya anak pengurus GP Ansor, David

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

Rafael sendiri sebelumya diketahui merupakan Kepala Bagian Umum Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jakarta Selatan, yang mana jika mengampu jabatan itu maka dia ketahui merupakan pejabat setingkat eselon III.

"Terkait dengan pemberitaan mengenai harta kekayaan saya. Sebagai bentuk pertanggungan jawab saya siap melakukan klarifikasi terkait harta kekayaan yang saya miliki," ujar Rafael lewat video keterangan Kamis, 23 Februari 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya