Cabai Makin 'Pedas' Pedagang: Pasokannya Enggak Banyak

Kenaikan harga cabai
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA Bisnis – Hujan deras yang terus mengguyur di wilayah Jawa Tengah dalam sepekan ini berimbas pada harga komoditas pangan. Utamanya cabai dan bawang merah. Hal itu karena hasil panen terpengaruh cuaca karena cabai pada rontok dan busuk di lahan.

Suzuki GSX-S950 Akhirnya dapat Baju Baru, tapi Harganya Bikin Geleng-geleng Kepala

Selain akibat cuaca yang mempengaruhi hasil panen, kenaikan harga juga karena permintaan cabai dan bawang yang meningkat.

Di tingkat pedagang eceran di Kota Semarang, harga cabai rawit merah pada hari ini terpantau mencapai Rp 60 ribu per kilogram. Padahal pekan kemarin masih di angka Rp 45 ribu per kg. Artinya, kenaikan lebih dari 30 persen.

Sedan Listrik Wuling Sudah Bisa Dipesan, Harganya Rp200 Jutaan

Ilustrasi harga cabai.

Photo :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

Sementara harga cabai keriting sekarang ada di harga Rp 40 ribu rupiah per kilogram atau naik dari harga Rp 35 ribu pada pekan kemarin. Untuk harga bawang merah kini mencapai Rp 35 ribu. Padahal pada pekan ke 4 Februari harganya tidak menembus Rp 30 ribu rupiah per kg.

Mobil Baru Hyundai Rp130 Jutaan Sudah Bisa Dipesan di Diler

"Ini harga naik lumayan. Biasa kalau lagi hujan begini harga cabai naik karena pasokan enggak banyak. Dan polanya begitu, jelang - jelang mau bulan Ramadhan mulai naik, kan banyak yang punya hajatan," kata Nur, pedagang di Tembalang Semarang, Jumat, 3 Maret 2023.

Ilustrasi-Cabai merah

Photo :
  • ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Salah satu pembeli, mengatakan, khusus cabai ia masih bisa mengatur konsumsi, tapi kalau bawang dan bumbu lain mau enggak mau ya mengikuti harga karena kalau dikurangi membuat masakan kurang enak.

"Kalau cabai kan tinggal pedasnya saja dikurangi, masih bisa diatur. Memang naik sih, sementara enggak pedas dulu kan enggak papa. Tapi kalau bumbu ya gimana lagi," kata Ambar, pembeli di Pasar Banyumanik Semarang.

Sementara itu harga telur dan ayam sampai saat ini masih stabil. Telur ayam di angka Rp 26 ribu per kg. Sedangkan, daging ayam potong Rp 32 ribu per kg.

Laporan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya