PLN: Listrik di Wilayah Plumpang Sudah Tersambung, 100% Aman

Foto Udara Usai Kebakaran Depo Pertamina Plumpang.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Bisnis – PT PLN (Persero) melalui PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya melaporkan, instalasi listrik di wilayah sekitar Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, sudah kembali dialiri listrik. 100 persen dianggap sudah aman.

Pertamina Adds 7.36 Million Three-kg Gas Canisters for Eid al-Fitr

"Kecuali (instalasi) yang terbakar, instalasi listrik sekarang sudah bisa kita normalkan kembali. Jadi 100 persen (sambungan listrik di sekitar TKP) kita anggap sudah aman lah," kata Senior Manajer Distribusi PLN UID Jakarta Raya, Sugeng Widodo, dalam keterangannya, Sabtu, 4 Maret 2023.

Sugeng menjelaskan, pada saat kejadian kebakaran kemarin, pihaknya langsung tanggap melakukan pemadaman listrik di wilayah-wilayah terdampak, yang menyebabkan sekitar 9.000 pelanggan PLN terkena pemadaman.

39 Unit SPKLU PLN di Sepanjang Tol Trans Sumatra Siaga Layani Pemudik, Ini Titik Lokasinya

Situasi Terkini Usai Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Dia menyebut, secara total jumlahnya mencapai sekitar 300-400 rumah, yang listriknya dipadamkan demi menjaga aspek keselamatan warga dan rumah mereka pada saat kebakaran terjadi.

Jamin Stok di Lapangan, Pertamina Pantau Langsung Pangkalan LPG 3 Kg

"Jadi kemarin yang kami padamkan itu kan di lingkungan padat, sekitar 9.000-an pelanggan terdampak kita padamkan karena berada di sekitar depo. Jumlahnya sekitar 300-400 rumah," kata Sugeng.

Mengenai kondisi gardu listrik di sekitar TKP kebakaran itu sendiri, Sugeng memastikan bahwa tiga gardu PLN yang ada di sana masih baik-baik saja.

Kerusakan yang terjadi pun menurutnya tidak terlalu fatal, karena hanya membakar kabel-kabel listrik yang menuju ke perumahan warga saja dan tidak menimbulkan kerusakan signifikan.

"Tiga gardu kami aman. Tadi juga ada tower alhamdulillah aman, dan sudah digantikan dengan komponen yang ini. Jadi tidak ada kerusakan berat, kecuali kabel yang kearah rumah terbakar. Ada kabel SR, APP, dan lainnya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya