Perum Perhutani dan United Tractors Teken Kerja Sama Rehabilitasi Hutan

MoU United Tractors dan Perum Perhutani.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA Bisnis – Perum Perhutani bersama PT United Tractors tbk, menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dalam upaya rehabilitasi dan pemanfaatan hutan.

KLHK: 3,37 Juta Hektare Lahan Sawit Terindikasi Ada dalam Kawasan Hutan

Direktur Perencanaan & Pengembangan Perum Perhutani, Endung Trihartaka menjelaskan, MoU ini merupakan salah satu bentuk komitmen kedua pihak, dalam upaya memperbaiki kawasan konservasi hutan.

"Serta mendorong rehabilitasi dan pemanfaatan hutan pada lokasi kawasan hutan Perhutani," kata Endung dalam keterangannya, Sabtu, 4 Maret 2023.

Turki Bantah Tuduhan Kerja Sama Militer dengan Israel

Petani memetik buah kopi di kebun kopi lahan Perhutani

Photo :
  • ANTARA FOTO/Khairizal Maris

Dia menambahkan, dalam mengelola hutan, Perhutani mengacu pada tiga aspek utama, yaitu lingkungan, sosial, dan ekonomi. Program revegetasi hutan dan pengembangan masyarakat yang dilakukan United Tractors, menurutnya merupakan contoh baik dalam tanggung jawab sosial dan lingkungan sebuah perusahaan bagi negara dan masyarakat.

RI-Ukraina Jajaki Peluang Kerja Sama Sektor Budaya, Seniman Bakal Kecipratan Manfaatnya

"Saya berharap kerja sama Perhutani dengan United Tractors dapat terus meningkat dan meluas, sehingga lebih banyak lagi area hutan yang dapat diperbaiki. Nantinya, kegiatan ini akan dapat memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat yang lebih luas lagi," ujarnya.

Senada, Direktur Utama PT United Tractors Tbk, Edhie Sarwono menjelaskan, upaya revegetasi yang dilakukan pihaknya adalah inisiatif keberlanjutan perusahaan, dalam bidang lingkungan melalui program United Tractors for Nature and Environment Sustainability (UTREES).

Dimana, program tersebut merupakan komitmen nyata dari United Tractors, dalam memberikan dampak baik bagi lingkungan sesuai aspek bisnis keberlanjutan dan prinsip ESG (Environmental, Social, & Governance).

"United Tractors sangat memahami pentingnya peranan hutan, sebagai upaya dalam memitigasi dampak bencana alam yang lebih besar. Contohnya, revegetasi yang UT lakukan di hutan lereng Gunung Arjuno, adalah upaya untuk mencegah terjadinya banjir bandang dan longsor seperti yang terjadi di Kota Batu, Malang, pada 2021 lalu," ujarnya.

Diketahui, penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Direktur Perencanaan & Pengembangan, Endung Trihartaka, dan Direktur Utama PT United Tractors tbk, Edhie Sarwono. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Perhutani Forestry Institute, Moch. Farid Januardi, Kepala Divisi Regional Jawa Timur, Amas Wijaya, Kepala Departemen Pengembangan Bisnis, Arsis Sulistyono, dan Administratur Malang, Candra Musi. Selain itu, hadir pula Corporate Secretary PT United Tractors tbk, Sara K. Loebis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya