Pemerintah Akan Salurkan Bansos Pangan, Kemenkeu Tunggu Data Penerima Terbaru

Ilustrasi penerima bansos PKH
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Bisnis – Pemerintah akan memberikan Bantuan Sosial (Bansos) pangan menjelang Ramadhan selama tiga bulan mulai Maret, April, hingga Mei. Bansos yang akan diberikan itu berupa beras, telur, hingga daging ayam.

Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Isa Rachmatarwata mengatakan, pihaknya masih menunggu penyesuaian jumlah penerima yang akan diperbaharui.

"Kami mesti cek lagi, kalau menggunakan tahun lalu data penerimanya 20,65 juta (penerima). Tapi sekarang katanya udah ada data yang baru dan berbeda dari data lama, tahun ini saya pastikan dulu," kata Isa di Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa, 7 Maret 2023.

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

Isa mengatakan, daftar penerima bansos ada di Kementerian Sosial (Kemensos). Untuk itu, pihaknya bersama Kemensos masih mendiskusikan mekanisme penyalurannya.

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Isa menuturkan, alokasi anggaran beras biasanya tidak terjadi hambatan. Sebab Bulog biasanya melaksanakan terlebih dahulu baru setelahnya melakukan klaim.

"Jadi beras sudah ada di Bulog, kalau mau disalurkan bisa disalurkan nanti bagaimana mekanisme klaimnya," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, berdasarkan keputusan, pemerintah akan memberikan bantuan selama tiga bulan. Dalam hal ini bansos meliputi beras, telur ayam, dan daging ayam,

"Bantuan sosial ini akan dilaksanakan Maret, April, Mei," ujar Airlangga.

Airlangga mengatakan, bantuan ini akan diberikan kepada penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai.

"Ini diharapkan dalam tiga bulan ini berjalan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya