Penuhi Kebutuhan Industri di Jateng, Energasindo Bangun Mother Stasion CNG di Grobogan

ilustrasi industri
Sumber :
  • Adri Prastowo

VIVA Bisnis – Anak usaha dari PT Rukun Raharja Tbk, PT Energasindo Heksa Karya (EHK) memperluas bisnis hilir gas bumi hingga ke Jawa Tengah.  Hal tersebut dilakukan dengan rencana pembangunan fasilitas yang meliputi jaringan pipa gas bumi  dan Mother Station Compressed Natural Gas (MS CNG) di Kabupaten Grobogan.

Pertamina Adds 7.36 Million Three-kg Gas Canisters for Eid al-Fitr

Direktur Utama PT Rukun Raharja Tbk Djauhar Maulidi menjelaskan, fasilitas ini diharapkan bisa komersial pada bulan Juni 2023. Kemudian, ditargetkan memenuhi kebutuhan industri di Jawa Tengah, sekaligus juga meningkatkan perekonomian di tempat tersebut. 

“Ini merupakan mother station kedua yang dimiliki oleh PT EHK, PT EHK saat ini sudah memiliki satu MS CNG di daerah Cikarang, dan saat ini menambahkan satu lagi disini," saat peresmian proyek di Kabupaten Grobogan, dikutip dari keterangannya, Selasa, 7 Maret 2023.

Bikin Geram, Netizen Temukan Prilly Latuconsina Masak Hidangan Lebaran Pakai Gas Subsidi

ilustrasi industri migas.

Photo :
  • VIVA/Dusep Malik

Djauhar mengatakan, perluasan jaringan pipa gas ini sejalan dengan rencana Rukun Raharja yang menginginkan agar anak usahanya itu terus maju dan berinovasi. EHK ditegasksan harus mengutamakan tenaga kerja lokal dengan tujuan perekonomian di Grobogan juga bisa berkembang.  

Dirut PLN Pastikan Kesiapan Sistem Kelistrikan Jawa-Madura-Bali Untuk Layani Lebaran

"Utamakan tenaga kerja dari sini sehingga masyarakat juga bisa merasa saling memiliki," ungkapnya. 

Sementara itu, Presiden Direktur PT EHK Agustinus Hendrayana berharap, jaringan pipa gas bumi yang dibangun timnya ini bisa bermanfaat bagi industri di Grobogan dan daerah lain di Jawa Tengah.

"Pembangunan ini bertujuan memfasilitasi industri pabrik, kantor dan tempat usaha untuk mendapat akses terhadap energi bersih, yang aman dan efisien," ungkapnya.  

Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengapresiasi PT EHK yang membangun Mother Station CNG pertama di Grobogan. Infrastruktur ini diyakini akan menjadi daya pengungkit ekonomi bagi warga Grobogan, Semarang dan wilayah lainnya di Jawa Tengah.  

"Ini menjadi salah satu daya pengungkit ekonomi yang dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. Setelah melalui jangka waktu tiga tahun keterpurukan karena pandemi COVID-19, tentu ini adalah hal yang luar biasa," singkatnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya