Cara BTN Dorong Digitalisasi Transaksi Pedagang Pasar Tradisional

Direktur Utama BTN Haru Koesmahargyo.
Sumber :
  • Dokumentasi BTN.

VIVA Bisnis – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, mendorong implementasi ekosistem digitalisasi pasar di seluruh Indonesia. Hal itu untuk mempermudah pedagang dalam menjalankan usahanya serta memperkuat inklusi keuangan.

MK Tolak Gugatan Sengketa Pilpres 2024, Begini Respons Pelaku Pasar Keuangan

Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo mengatakan, digitalisasi itu dilakukan melalui pemanfaatan SuperApp BTN Mobile.

"Perseroan membuka dan mendekatkan diri dengan pasar sebagai ekosistem perumahan untuk memperkuat sistem pembayaran dan juga inklusi keuangan sehingga transaksi dari pedagang lebih cepat, lebih murah dan mudah. Dengan demikian volume perdagangan akan makin tinggi dan para pedagang akan bisa tumbuh dan berkembang ke depannya," ujar Haru dalam keterangannya dikutip, Selasa, 7 Maret 2023.

Daftar Harga Pangan 22 April 2024: Cabai hingga Telur Ayam Naik

Haru menuturkan, launching ekosistem digitalisasi pasar sejalan dengan tujuan perseroan untuk memperluas bisnisnya di segmentasi retail seperti pedagang, pengusaha, dan nelayan.

Dirut BTN Haru Koesmahargyo.

Photo :
  • Dokumentasi BTN.
Sidang Putusan Sengketa Pilprres di MK, Pedagang Tikar hingga Topi Rimba Raup Cuan


“BTN mobile nantinya akan menjadi sebuah pioneer dalam pengembangan ekosistem digital pasar ini karena BTN Mobile juga akan menjadi solusi nyata untuk mempermudah seluruh layanan transaksi pedagang pasar untuk menjalankan kegiatan operasionalnya sehari-hari,” jelasnya.

Menurut Haru, saat ini pasar tetap memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat sehingga BTN dituntut untuk mendukung pengembangan ekosistem pasar menuju era digitalisasi. Hal ini agar para pedagang pasar bisa merasakan kemudahan dalam hal transaksi dan layanan perbankan lainnya.

Dalam pengembangan ekosistem digitalisasi pasar produk transaksi yang akan ditawarkan BTN meliputi QRIS/EDC, Agen Batara, Tabungan Batara dan Tabungan Bisnis.

Dalam hal ini Pasar Tagog Padalarang dipilih sebagai salah satu pengembangan ekosistem digitalisasi pasar. Itu dikarenakan menjadi salah satu pasar tradisional terbesar di Kabupaten Bandung Barat yang sudah berdiri lebih dari 20 tahun.

Sementara itu, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, implementasi digitalisasi pasar merupakan sinergi antara BTN dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag). Dalam satu tahun ini Kemendag menargetkan 1.000 pasar di seluruh Indonesia bisa terdigitalisasi.

Harga Bahan pokok mulai naik di pasar Pagi Kota Cirebon

Photo :
  • Azizi Erfan (Cirebon)

“Saya pikir ini luar biasa BTN, ini merupakan bukti konkrit BTN melakukan digitalisasi, terima kasih banyak Pak Dirut beserta jajaran yang juga memastikan dan mengadakan di pasar- pasar rakyat, karena kami penguatannya adalah di pasar- pasar tradisional,” ujarnya.

Menurut Jerry, Kemendag mengharapkan perbankan Himbara khususnya BTN bisa membantu Pemerintah memajukan pasar rakyat. Pasalnya, pasar rakyat adalah sentra ekonomi atau sentra perdagangan yang memastikan bahwa perputaran transaksi banyak di situ serta memudahkan masyarakat.

“Kami sangat mendukung upaya BTN dalam menerapkan digitalisasi di pasar. Kami mengecek langsung ke lapak- lapak pedagang memastikan bahwa transaksi bisa dilakukan secara cashless tidak menggunakan uang tunai dan itu berhasil,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya