Zulhas Terbang ke London, Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan RI-Inggris

Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Bisnis – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melakukan kunjungan kerja ke London, Inggris pada 7-9 Maret 2023. Kunjungan ini dilakukan untuk meningkatkan kerja sama perdagangan sekaligus meningkatkan ekspor kopi Indonesia.

Neraca Perdagangan RI Surplus 47 Bulan Berturut-turut, Mendag: Bagian dari Keberhasilan Kemendag

Agenda utama Zulhas yaitu  melakukan pertemuan bilateral  dengan Menteri Negara Departemen Bisnis dan Perdagangan, utusan Perdana Menteri Inggris, serta pengusaha Inggris dan selanjutnya    akan melakukan penandatanganan kesepakatan kopi internasional (International Coffee Agreement/ICA) serta menyampaikan pidato kunci  pada Forum Bisnis United Kingdom (UK) ASEAN Business Council. 

Ilustrasi Biji Kopi di Minangkabau, Sumatera Barat.

Photo :
  • VIVA/Andri Mardiansyah
Mendag Zulhas Tegas Tolak Impor Bawang Merah di Tengah Lonjakan Harga

Zulhas mengatakan, Indonesia menyambut baik rencana penandatanganan ICA 2022 agar dapat terus bekerja sama dengan Organisasi Kopi Internasional (International Coffee Organization/ICO) untuk mengatasi berbagai tantangan bagi masa depan kopi Indonesia di pasar internasional dan meningkatkan kesejahteraan petani kopi.

"Selain itu, diharapkan rangkaian pertemuan yang akan dilaksanakan di London dapat membawa hasil nyata bagi kemajuan perdagangan dan investasi Indonesia," kata Zulhas dalam keterangannya, Selasa, 7 Maret 2023.

Ada Konflik di Timur Tengah, Bos BI Pede Ekonomi RI Tetap Kuat

Dalam kunjungan tersebut, Zulhas didampingi Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Djatmiko Bris  Witjaksono dan Staf Khusus Menteri  Perdagangan bidang Perjanjian Perdagangan Internasional Bara Hasibuan. Zulhas menyebut bahwa kunjungan ini merupakan kesempatan untuk memperkuat kerja sama yang telah terjalin antara Indonesia dan Inggris. 

“Penandatanganan ICA juga menjadi  landasan peningkatan kerja sama  untuk merevitalisasi sektor kopi Indonesia," lanjutnya.

Sebagaimana diketahui, pada 2022, total perdagangan Indonesia-Inggris tercatat sebesar USD 2,7 miliar, naik 5,30 persen dibanding tahun sebelumnya. Pada  2022, ekspor Indonesia ke Inggris  tercatat sebesar USD1,7 miliar sementara impor Indonesia dari Inggris sebesar USD 1,0 miliar.

Sedangkan pada 2021, total  perdagangan Indonesia dengan  Inggris tercatat sebesar USD 2,6 miliar. Dari total tersebut, ekspor Indonesia ke Inggris tercatat sebesar USD 1,5 miliar sedangkan impor Indonesia dari Inggris tercatat sebesar USD 1,1 miliar.

Ilustrasi pekerja di Inggris

Photo :
  • Dailymail.co.uk

Produk ekspor utama Indonesia ke Inggris di antaranya alas kaki dengan bagian atas dari bahan tekstil, alas kaki dengan bagian atas dari kulit samak, produk pertukangan dan bahan bangunan dari kayu, minyak kelapa sawit, dan mesin cetak. 

Sedangkan produk impor utama Indonesia dari Inggris di antaranya kertas atau kertas karton, obat, kendaraan bermotor untuk pengangkutan, barang, sisa dan skrap fero, dan perangkat telepon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya