Menteri BUMN Copot Direktur Penunjang Bisnis Pertamina

Gedung Pertamina Pusat
Sumber :
  • Pertamina

VIVA Bisnis – Menteri Badan Usaha Milik negara (BUMN) Erick Thohir resmi mengambil keputusan untuk mencopot salah satu direksi PT Pertamina (Persero). Kebijakan ini diambil tak lama setelah adanya insiden kebakaran di Depo Pertamina, Plumpang.

Pakar Sebut Fakta Mengejutkan soal BBM Pertalite

Pejabat Pertamina yang dicopot adalah Dedi Sunardi yang menjabat sebagai Direktur Penunjang Bisnis Pertamina. Posisinya kini digantikan oleh Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina, Erry Widiastono.

"Direktur Penunjang Bisnis (yang dicopot). (Digantikan Direktur Logistik?) Iya, merangkap," kata Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso kepada VIVA, Rabu, 8 Maret 2023.

Astra Agro Lestari Sepakati Pembagian Dividen Final Rp 165 Per Saham

Namun, saat VIVA mengonfirmasi kepada Fadjar apakah pencopotan jabatan itu akibat dari kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Fadjar tidak dapat memastikan hal itu. 

"Kami menerima surat keputusan MBUMN (Menteri BUMN) aja," ujarnya.

Ada yang Berubah dari Pertalite di Papan Harga SPBU

Foto Udara Terkini Usai Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dijelaskan dalam keterangan resmi Pertamina, pencopotan itu diatur dalam Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara selaku Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina nomor SK - 43/MBU/03/2023 tentang pemberhentian anggota direksi perusahaan perseroan (PERSERO) PT Pertamina, tanggal 8 Maret 2023. SK itu memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat Dedi Sunardi sebagai Direktur Penunjang Bisnis Pertamina.

Fadjar menyampaikan bahwa Dedi Sunardi telah menyelesaikan tugasnya sebagai Direktur Penunjang Bisnis  Pertamina yang telah Ia jabat sejak tanggal 3 Mei 2021 berdasarkan Keputusan Menteri BUMN nomor SK -142/MBU/05/2021. 

Selanjutnya, jabatan Direktur Penunjang Bisnis Perusahaan Pertamina akan di rangkap tugaskan oleh Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Erry Widiastono sampai dengan diangkatnya Direktur Penunjang Bisnis Perusahaan PT Pertamina (Persero) yang definitif. 

"Kami sebagai perusahaan mengucapkan terima kasih atas dedikasi tenaga dan pikiran Beliau selama memangku jabatan tersebut," ungkap Fadjar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya