Terbukti Sembunyikan Harta! Rafael Alun Trisambodo Resmi Dipecat Kemenkeu

Rafael Alun Trisambodo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Bisnis – Menteri Keuangan Sri Mulyani menyetujui pemecatan Rafael Alun Trisambodo dari posisinya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal itu disampaikan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Awan Nurmawan Nuh. 

Di Amerika Serikat, Sri Mulyani Bertemu CEO MCC Bahas Transportasi Publik di RI

Awan mengatakan, keputusan itu dilakukan setelah ditemukan bukti dalam audit yang menunjukkan beberapa pelanggaran yang dilakukan oleh Rafael. 

"Dari hasil atau temuan bukti dalam audit investasi itu Inspektorat atau Irjen merekomendasikan untuk memecat saudara RAT. Usulan sudah disampaikan dan Ibu Menteri (Sri Mulyani) sudah menyetujuinya," kata Awan dalam konferensi pers di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Rabu, 8 Maret 2023. 

Heboh Kasus Korupsi Rp3.000 T dari Rafael Alun yang Mengalir ke 25 Artis, Begini Faktanya

Tidak Lapor LHKPN dengan Benar

Pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo usai klarifikasi di KPK

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana
Sri Mulyani Buka Suara soal Rupiah Tembus Rp 16.200 per Dolar AS

Awan menjelaskan, keputusan pencopotan itu di antaranya karena Rafael telah terbukti tidak menunjukkan integritas, keteladanan, prilaku ucapan dan tindakan kepada setiap orang. Baik di dalam maupun luar kedinasan. 

"Dengan tidak melaporkan LHKPN secara benar, tidak patuh terhadap pelaporan, dan pembayaran pajak. Serta memiliki gaya hidup pribadi dan gaya hidup yang tidak sesuai dengan ases kepatuhan dan kepantasan sebagai ASN," jelasnya. 

Konferensi pers pejabat Kemenkeu terkait RAT dan ED.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

Awan menuturkan, Rafael juga terbukti tidak melaporkan harta kekayaan terhadap pajak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. 

"Ketiga menjadi perantara yang menimbulkan konflik kepentingan terkait dengan jabatannya," jelasnya. 

Awan melanjutkan, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak internal Kemenkeu juga terbukti bahwa Rafael mencoba menyembunyikan harta kekayaan dan sumber penghasilannya. 

"Terdapat informasi yang mengindikasikan adanya upaya menyembunyikan harta kekayaan dan sumber perolehannya," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya