Dirjen Pajak Beberkan Daftar 6 Perusahaan Rafael Alun Trisambodo yang Diperiksa Kemenkeu

Direktur Jenderal Pajak Kemenkeu, Suryo Utomo.
Sumber :
  • Instagram

VIVA Bisnis – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sudah melakukan penelusuran terhadap enam perusahaan dan satu konsultan yang sahamnya dimiliki oleh Rafael Alun Trisambodo. Direktur Jenderal Pajak Kemenkeu Suryo Utomo membeberkan daftar keenam perusahaan yang dimaksud.

Fortuner vs Pajero Sport Bekas, Pajak Tahunannya Murah Mana?

"Perusahaannya siapa aja, GTA, SKP, BHA, CC, BDA, RR, SCR. Ini merupakan pengembangan dari klarifikasi LHKPN yang dilakukan oleh KPK," ujar Suryo menyebut inisial perusahan tersebut dalam konferensi pers di Kantor Kemenkeu, Jakarta Pusat, Rabu 8 Maret 2023..

Pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo usai klarifikasi di KPK

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana
Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Suryo mengatakan, terhadap perusahaan yang dimiliki Rafael itu, Direktorat Jenderal Pajak juga sedang melakukan pemeriksaan terhadap kepatuhan pajaknya.

"Ini untuk menguji kepatuhan perpajakan dari wajib pajak tersebut. Jadi surat pemeriksaan sudah kita terbitkan terhadap enam perusahaan yang disampaikan, plus satu konsultan pajak," jelasnya.

Buru Harta Rafael Alun, KPK Serahkan Memori Kasasi

Rafael Alun Trisambodo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sebelumnya diberitakan, Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan menyebutkan bahwa Rafael Alun, yang merupakan ayah Mario Dandy memiliki enam saham perusahaan yang turut tergabung dalam nominal kekayaan Rp 56 Miliar. Total saham perusahaan yang dimiliki oleh Rafael itu tercantum dalam penjelasan 'Surat Berharga'.

"Iya disebutkan di LHKPN terakhirnya. tapi akses publik hanya sampai total surat berharga saja. Detailnya ya itu tadi, saham di 6 perusahaan," ujar Pahala. Namun, Pahala tak merinci terkait saham yang dimilikinya pada perusahaan jenis apa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya