Tinjau Pelabuhan Merak dan Ciwandan, Jasa Raharja Targetkan Zero Accident Momen Mudik Lebaran 2023

Kondisi Pelabuhan Merak H-1 Lebaran
Sumber :
  • VIVA / Yandi Deslatama (Serang)

VIVA Bisnis – Jasa Raharja bersama Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, dan Korlantas Polri, menggelar survei ke Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan. Kegiatan tersebut, dilakukan dalam rangka meninjau kesiapan Operasi Ketupat 2023.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono, mengatakan, survei kesiapan Operasi Ketupat 2023 ke dua pelabuhan tersebut, guna mengantisipasi lonjakan penumpang pada momen mudik tahun ini.

“Salah satu tujuannya, untuk memastikan kesiapan infrastruktur dan pengamanan menjelang momen mudik Lebaran,” ujar Rivan dikutip dari keterangannya, Kamis, 9 Maret 2023

Sopir Bus yang Ajak Makan 30 Penumpang di Rumah Mertuanya saat Lebaran dapat Rp100 Juta

Rivan mengatakan, pelabuhan sebagai salah satu jalur mudik antar pulau, menjadi titik krusial. Ia berharap, dengan berbagai sosialisasi serta persiapan yang dilakukan secara matang, pelaksanaan mudik Lebaran 2023 berjalan aman dan kondusif, serta zero accident.

Direktur Operasional Jasa Raharja, Dewi Aryani Suzana.

Photo :
  • Dok: Jasa Raharja
6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat, untuk memanfaatkan program mudik gratis, baik yang diselenggarakan pemerintah, BUMN, maupun pihak lainnya,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi. Ia mengatakan, tinjauan dilakukan tidak hanya pada kesiapan pelabuhan semata, melainkan juga terhadap akses jalan menuju ke sana.

Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi

Photo :
  • Istimewa

“Dari tinjauan ini, kami mengkaji skema pengaturan arus lalu lintas. Nantinya, kami juga akan melakukan manajemen rekayasa lalu lintas, baik di jalan tol maupun non-tol,” ujarnya. 

Dia mengimbau, kepada masyarakat yang akan mudik dan balik, dapat menggunakan ruas jalan dengan tertib dan tetap mematuhi aturan serta imbauan petugas di lapangan.

“Dengan demikian, kita harapkan kegiatan mudik dapat berjalan dengan aman, nyaman dan lancar,” imbuh Firman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya