Inka Teken Kontrak Pengadaan Kereta dengan KAI dan KCI

Sorot Jalur Kereta Api Indonesia - PT INKA
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Siswowidodo

VIVA Bisnis – PT Inka (Persero) menandatangani kontrak pengadaan kereta penumpang dan kereta rel listrik (KRL) bersama PT KAI (Persero) dan PT KCI (KAI Commuter). Direktur Utama PT Inka (Persero), Eko Purwanto mengatakan, kerja sama ini merupakan momentum kebangkitan perkeretaapian nasional, dan bentuk kolaborasi anak bangsa yakni PT Inka (Persero), PT KAI (Persero), dan KAI Commuter.

Top Trending: Rahasia Terlarang Ramalan Jayabaya, Perang Dunia 3 Pecah di 2024

"Sebagai operator, baik PT KAI maupun KAI Commuter tentu ingin memberikan pelayanan yang terbaik pada pelanggannya, dan kami pun di Inka selalu berkomitmen memberikan produk-produk berkualitas tinggi untuk kereta-kereta kami," kata Eko dalam keterangannya, Kamis, 9 Maret 2023.

Pekerja menyelesaikan pengerjaan kereta di Pabrik PT INKA, Madiun, Jawa Timur.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Heboh Loker PT KAI Dianggap Sulit, Tere Liye: Kalau Mau Gampang Daftar Jadi Caleg DPR

Direktur Utama KAI Commuter, Suryawan Putra Hia menyampaikan, penandatanganan kontrak pengadaan Sarana Kereta Rel Listrik (KRL) ini, sesuai dengan kesepakatan awal di Memorandum of Understanding (MoU) yang sudah ditandatangani oleh PT KCI dan PT INKA pada tahun 2022 kemarin.

"Pengadaan sarana kereta ini merupakan komitmen kami dalam mendukung program pemerintah, untuk meningkatkan produksi dalam negeri serta substitusi impor melalui Program Peningkatan Pengguna Produk Dalam Negeri (P3DN)," kata Suryawan.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Pekerja menyelesaikan pengerjaan kereta di pabrik PT Inka, Madiun, Jawa Timur.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Dia menjelaskan, untuk pengadaan 16 trainset kereta baru, KAI Commuter telah menyiapkan anggaran hampir Rp 4 triliun yang akan selesai pada tahun 2025-2026 mendatang.

"Semoga dengan pengadaan kereta baru ini dan pada saat kereta dioperasikan nanti, selain meningkatkan kapasitas angkut dapat juga meningkatkan kenyamanan dan pelayanan kepada pengguna kami," ujarnya.

Berikut adalah rincian kontrak yang ditandatangani oleh PT Inka, PT KAI, dan KAI Commuter:

1. Kontrak Pengadaan 16 Trainset KRL Baru antara PT INKA (Persero) dan PT KCI

2. Penandatanganan Kontrak Pengadaan 612 Unit Kereta SS New Generation untuk program Replacement Tahun 2023-2026 antara PT INKA (Persero) dan PT KAI (Persero)

3. Penandatanganan Kontrak Pengadaan 10 Car Kereta Luxury 26 seat untuk KA Argo Lawu, KA Argo Dwipangga, KA Taksaka dan 1 Car Cadangan Perawatan 2023-2024 antara PT INKA (Persero) dan PT KAI (Persero).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya