Bukit Asam dan Wika Dorong Kinerja UMKM Akselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional

Bazar UMKM.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA Bisnis – Pemerintah menginstruksikan para perusahaan BUMN untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional di tengah meredanya pandemi. Salah satunya dengan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Asia Business Council, Menko Airlangga Yakinkan Komitmen Indonesia Mempercepat Pembangunan Ekonomi

Instruksi tersebut pun ditindaklanjuti oleh PT Wijaya Karya (Pesero) Tbk bersama PT Bukit Asam Tbk Kedua BUMN itu percepatan pemulihan ekonomi nasional dengan terlibat dalam kegiatan Bazar UMKM BUMN Untuk Indonesia di Gedung Sarinah, Jakarta.

"Wika punya komitmen yang kuat untuk memastikan usaha dari mitra binaan Wika secara konsisten mengalami pertumbuhan melalui program bimbingan dan perluasan jangkauan pasar,” kata Direktur Quality, Health, Safety and Environment (QHSE) Wika, Ayu Widya Kiswari dalam pembukaan Bazar UMKM BUMN untuk Indonesia, di Jakarta, Kamis, 9 Maret 2023.

HUT Ke-61, Taspen Tegaskan Komitmen Genjot Kesejahteraan Masyarakat

Ayu menyampaikan keterlibatan Wika pada bazar UMKM BUMN edisi ketiga tersebut menunjukkan komitmen perusahaan dalam pemberdayaan UMKM yang tergabung sebagai mitra binaan Wika.

Logo Wijaya Karya (WIKA).

Photo :
  • Istimewa
Asia Business Council 2024, Menko Airlangga Kasih Bukti Ketahanan Ekonomi Indonesia

Produk-produk yang kami tampilkan di sini merupakan produk unggulan yang kami percaya akan menjadi daya tarik dan peluang besar secara komersil di pasarnya masing-masing," ujarnya.

Senada, Direktur SDM PT Bukit Asam, Suherman bazar merupakan perwujudan pihakny dalam melakukan pembinaan UMKM yang telah dibina dari hulu ke hilir. UMKM yang diboyong dalam kegiatan yang berlangsung selama 9-12 Maret 2023 tersebut berasal dari 4 Rumah BUMN yaitu Rumah BUMN Muara Enim, Rumah BUMN Banyuasin, Rumah BUMN Sawahlunto, dan Rumah BUMN Bandarjaya.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan Bazar UMKM yang diselenggarakan ini dapat membuat para UMKM Menjadi naik Kelas. Baik dari sisi penambahan omset maupun dari bertambah nya jumlah tenaga kerja. Sehingga produknya bisa dikenal di tingkat nasional maupun mancanegara," ucap Suherman.

Adapun Bazar UMKM BUMN untuk Indonesia diselenggarakan oleh Kementerian BUMN setiap bulan sejak Januari hingga Desember 2023 dan dilaksanakan oleh dua BUMN untuk masing-masing edisi dengan durasi 4 hari pameran.

Penyelenggaraan Bazar UMKM BUMN 2023 bertujuan untuk memberi akses pasar yang lebih luas bagi UMKM dalam memasarkan produknya melalui interaksi langsung di lokasi pameran yaitu area basement Gedung Sarinah dengan fasilitasi sistem transaksi digital dari platform marketplace.

Bazar UMKM Indonesia.

Photo :
  • Dokumentasi Kementerian BUMN.

Rangkaian kegiatan bazar setahun penuh tersebut turut menandai ulang tahun perak (HUT ke-25) Kementerian BUMN, sebagai bagian tak terpisahkan dari upaya mendorong percepatan pemulihan ekonomi pada berbagai sektor, termasuk pengembangan UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian berbasis ekonomi kerakyatan.

Pada edisi ketiga ini, bazar diikuti oleh UMKM mitra binaan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT Bukit Asam serta pelaku usaha yang sudah on-boarding di marketplace PaDiUMKM dengan produk inovatif dari empat sektor unggulan yakni dari makanan dan minuman dalam kemasan, fesyen, kriya dan kebugaran dan kecantikan. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya