Gubernur Edy Tegaskan Semakin Lama Perang Ukraina-Rusia Pupuk Langka dan Mahal

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi
Sumber :
  • VIVA.co.id/BS Putra

VIVA Bisnis – Pupuk subdisi di Sumatera Utara mengalami kelangkaan Hal ini, membuat petani mengalami kesulitan dalam memproduksi pertaniannya.

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Ditanya terkait pupuk subsidi langkah di Sumut, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi menyebutkan bahwa hal itu akibat perang Ukraina dengan Rusia yang berkepanjangan. Sehingga, berdampak dengan produksi pupuk subsidi itu.

"Ukraina dengan Rusia, cerita panjang pula ini. persoalannya dia punya gas paling besar," ucap Gubernur Edy menjawab pertanyaan wartawan, di depan Aula Tengku Rizal Nurdin, di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Medan, dikutip Jumat, 10 Maret 2023.

Mendag Zulhas Tegas Tolak Impor Bawang Merah di Tengah Lonjakan Harga

Pupuk bersubsidi.

Photo :

Mantan Pangkostrad itu menjelaskan bahwa salah satunya, bahan membuat pupuk itu, adalah gas. Namun, dia pun tidak memberikan solusi terkait dengan kelangkahan pupuk subsidi di Sumut.

Neta Pamer Mobil SUV Baru Rp200 Jutaan

"Pupuk ini, salah satu bahannya adalah gas itu," tutur mantan Ketua Umum PSSI itu.

Edy mengungkapkan perang antara Ukraina dengan Rusia sangat memengaruhi harga pupuk di Tanah Air.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi.

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra.

"Semakin lama perang (Ukraina dengan Rusia) semakin susah pupuk, ini lah dia harganya (pupuk) naik tinggi. Ya oke," sebutnya.

Pasokan pupuk subsidi yang langka ini dapat mempengaruhi hasil pertanian terkendala. Selain itu, akan berimbas dengan pasokan hingga mengganggu kestabilan harga pangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya