Jelang Ramadhan, Harga Bahan Pokok di Bali Naik: Cabai Rawit Tembus Rp 75 Ribu per Kg

Pedagang menyortir cabai rawit. (Ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA Bisnis – Menjelang Ramadhan, harga kebutuhan pokok di pasar Kota Denpasar, Bali mengalami kenaikan. Harga komoditas pangan yang mengalami kenaikan adalah cabai rawit merah, bawang putih dan telur ayam.

Imigrasi Bali Tahan Paspor Hyoyeon Girls Generation, Bomi Apink hingga I.O.I Im Nayoung

Hal itu berdasarkan pantauan di dua pasar tradisional yang ada di Kota Denpasar yakni Pasar Badung dan Pasar Pasah Pemecutan. Menurut seorang pedagang sembako di Pasar Badung, Ketut Wati, harga cabai kecil maupun besar mengalami kenaikan.

“Cabai kecil sekarang naik keras, sebelum naik harganya paling Rp 35 ribu, sekarang sudah sampai Rp 75 ribu per kilogram. Cabai merah besar juga naik sekarang Rp 30 ribu, sebelumnya Rp 24 ribuan saja,” katanya seperti dikutip Antara, Jumat, 10 Maret 2023.

Bantah Selingkuh, Rizky Nazar Tantang Netizen Buktikan Video Ciuman dengan Salshabilla Adriani

Ilustrasi bawang putih.

Photo :
  • U-Report

Komoditas pangan lainnya yang mengalami kenaikan harga yakni bawang putih, naik menjadi Rp 30 ribu per kilogram, dari yang sebelumnya Rp 25 ribu per kilogram. Ia menjelaskan bahwa kenaikan beberapa komoditas tersebut terjadi karena faktor cuaca dan menjelang bulan Ramadhan.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

“Ini semua dari daerah Payangan sama Kintamani, kalo di sana hujan terus panennya sedikit. Kalau mau puasa juga banyak orang libur, jadi pengiriman ke sini sering terlambat karena kekurangan orang jadi harganya naik, tapi selama ini stoknya aman meskipun harganya jadi mahal,” kata dia.

Hal serupa terjadi kepada harga telur ayam yang terpantau mulai mengalami kenaikan. Harga telur ayam mengalami kenaikan sebesar Rp 1 ribu per kerat. Ukuran tanggung kecil dijual dengan harga Rp 46.500 per kerat, ukuran tanggung besar Rp 47.500 per kerat, dan ukuran super Rp 53 ribu per kerat.

Sementara itu, harga ayam potong di Pasar Badung terpantau belum mengalami kenaikan. Satu kilo gram ayam potong di Pasar Badung dijual dengan harga Rp 32 ribu.

“Kalau sekarang harganya masih normal Rp 32 ribu per kilogramnya, ini ada iming-iming mau naik katanya, tapi saya belum tau kapan,” kata Gusti Ayu, seorang pedagang ayam potong di Pasar Badung.

Demikian juga untuk harga beras dan minyak hingga saat ini masih terpantau stabil. Untuk harga satu liter minyak saat ini dijual Rp 20 ribu dan untuk beras dijual dengan harga Rp 56.500 untuk lima kilo.

“Sebentar lagi ada Nyepi dan Puasa, sejauh ini stok saya masih aman. Saya berharap kalau ada kenaikan harga itu jangan terlalu naik banyak-banyak,” kata Budi, seorang pedagang sembako di Pasar Pasah Pemecutan. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya