GoTo PHK Lagi 600 Karyawan, Ini Alasannya

Goto, Gojek dan Tokopedia.
Sumber :
  • GoTo

VIVA Bisnis – PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) kembali melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Kali ini dilakukan terhadap 600 orang karyawannya.

Tesla PHK 10 Persen Karyawan di Seluruh Dunia

Juru Bicara GoTo, Koesoemohadiani menjelaskan, langkah ini adalah salah satu bagian dari pembaruan strategi untuk membangun perusahaan yang berkelanjutan.

"Langkah-langkah penyesuaian tersebut sayangnya akan memengaruhi sekitar 600 posisi dalam ekosistem GoTo," kata Koesoemohadiani dalam keterangannya, Jumat, 10 Maret 2023.

Daftar Harga HP Infinix per 6 April 2024

Goto, Gojek dan Tokopedia.

Photo :
  • GoTo

Meski demikian, Dia memastikan bahwa setiap pekerja yang di PHK itu akan memperoleh dukungan dari perusahaan selama masa transisi, yang mencakup dukungan finansial, karir, dan kesejahteraan.

Mobil Ini Bikin Ratusan Karyawan Apple Dipecat

Koesoemohadiani menegaskan, keputusan manajemen untuk memperkuat operasional perusahaan dengan harus merumahkan ratusan karyawan itu, tidak akan terdampak pada kinerja GoTo ke depannya.

"Langkah penyesuaian ini tidak akan mempengaruhi layanan yang diberikan GoTo kepada konsumen, mitra pengemudi, dan pedagang," ujarnya.

Koesoemohadiani menjelaskan, salah satu penyesuaian bisnis yang dilakukan GoTo adalah pengkonsolidasian sejumlah bisnis dan tim dalam ekosistem, agar organisasi lebih ramping dan siap untuk merespons permintaan pasar.

"Sebagai contoh, kami melakukan desain ulang pada bisnis offline merchant di GoTo Financial dan menyatukan dua tim offline merchant. Penyesuaian seperti ini akan membantu kami memberikan layanan yang lebih baik kepada merchant, sekaligus mengurangi biaya," kata Koesoemohadiani.

Selain itu, lanjutnya, GoTo juga meninjau kembali prioritas, dan akan mengurangi skala atau menunda kegiatan bisnis serta inisiatif yang bukan merupakan layanan inti.

"Contohnya, kami akan mengurangi beberapa bagian dari layanan Mitra Tokopedia, agar sumber daya perusahaan dapat difokuskan pada kegiatan yang akan mendorong dampak lebih besar. Dan dalam kondisi di mana kebutuhan perekrutan menurun, kami juga melakukan restrukturisasi di tim rekrutmen," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya