IdEA Wanti-wanti Revisi Aturan E-Commerce Jangan Jadi Bomerang Bagi UMKM

- Misrohatun Hasanah
VIVA Bisnis – Bank Indonesia mencatat, nilai transaksi e-Commerce melesat sebanyak 18,8 persen menjadi Rp476,5 triliun pada 2022, dengan volume transaksi tercatat sebanyak 3,49 miliar kali. Hal tersebut membuktikan bahwa digitalisasi yang kian masif telah memberikan dampak positif bagi pertumbuhan industri e-Commerce.
Pada 2023 sejumlah tantangan pun menjadi sorotan tersendiri di industri tersebut. Seperti berakhirnya era bakar uang dan ketidakpastian global yang tidak bisa dihindari. Lalu bagaimana peluang industri e-Commerce di tahun ini?
Merespons hal tersebut, Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Bima Laga optimistis, industri e-Commerce akan tetap tumbuh di tahun ini. Berdasarkan laporan yang diserahkan oleh beberapa big player e-Commerce, Bank Indonesia (BI)  telah memprediksi nilai transaksi digital, tidak hanya e-Commerce tetapi juga platform online travel agent (OTA), tahun ini akan menembus Rp700 triliun.
"Dan menurut data Google dan Temasek untuk ekonomi digital secara keseluruhan tahun 2023 diprediksi bisa menyentuh Rp1.100 triliun jadi ada gap Rp400 triliun itu untuk semua e-Commerce," ujar Bima Laga dalam diskusi Urban Forum bertajuk "Peran Ekonomi E-commerce: Tantangan, Peluang dan Kebijakan" di Jakarta, dikutip Jumat, 10 Maret 2023.
Dalam kesempatan yang sama, Ekonom Binus University Doddy Ariefianto menilai dalam berkompetisi dan menggarap potensi yang besar tersebut, diharapkan para pelaku e-Commerce tidak lagi melakukan cara-cara konvensional seperti 'bakar duit' dengan promo-promo besar, gratis ongkir dan sebagainya.
"Sejauh ini saya belum bisa mendefinisikan user experience-nya apa yang berbeda dari platform-platform e-Commerce. Kalau sekadar istilahnya gimmick main harga itu jelas strategi yang sangat konvensional dan itu nggak akan survive. E-commerce juga harus kreatif dalam membuat user experience yang berbeda sehingga mampu bertahan dan bersaing.," tutur Doddy.
E-commerce.
- Unsplash