3 Hal yang Pengaruhi Persepsi Masyarakat Terhadap Asuransi

Ilustrasi Asuransi Jiwa.
Sumber :
  • freepik

VIVA Bisnis – BRI Insurance (BRINS) menegaksan bakal terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan literasi asuransi di masyarakat, terutama generasi muda. Langkah ini menjadi bagian dari upaya BRINS untuk meningkatkan minat asuransi.

IHSG Dibayangi Tekanan Jelang Rilis Neraca Dagang, Cek Saham-saham Pilihan

Hal tersebut salah satunya dilakukan BRINS dengan menggelar Festival Literasi Halal di Surabaya. Sebagai upaya dari mendorong akselerasi peningkatan indeks literasi ekonomi syariah Indonesia.

Selain itu, kegiatan edukasi dan sosialisasi ini diselenggarakan bekerja sama juga dengan otoritas terkait seperti Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), dan berbagai pemangku kepentingan lain, baik akademisi maupun praktisi di bidang ekonomi dan keuangan syariah.

KPK Ungkap Nilai TPPU Eko Darmanto usai Jadi Tersangka, Nilainya Gak Main-main

Dalam kesempatan itu, Direktur Operasional BRINS Sony Harsono menjelaskan, inovasi yang dilakukan BRINS dalam mengembangkan produk-produknya guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Khususnya terhadap pertanggungan risiko, termasuk mendukung pengembangan ekosistem ekonomi syariah di Indonesia.

Ilustrasi perhitungan premi asuransi.

Photo :
  • U-Report
Lebih dari 7 Ribu Aparat Amankan Pembacaan Putusan MK soal Sengketa Pilpres Hari Ini

Dia pun menjabarkan, ada 3 hal yang memengaruhi pandangan masyarakat umum terhadap dunia asuransi. Pertama trust, kedua tingkat kebutuhan, dan yang ketiga yaitu harga.

“Premi asuransi akan menjadi mahal jika dilihat dari nilainya namun akan menjadi sangat murah bila dilihat dari manfaatnya. Padahal tidak semua asuransi itu mahal, contohnya BRINS memiliki asuransi mikro yang preminya hanya sebesar Rp40 ribu untuk asuransi mikro kerusakan tempat usaha tentunya dengan manfaat yang didapatkan berupa santunan sebesar Rp5 juta rupiah untuk memulai kembali usahanya” ujar Sony dikutip dari keterangannya, Sabtu, 11 Maret 2023.

Sony menjelaskan BRINS terus berinovasi dalam hal pengembangan produk agar lebih dikenal oleh seluruh elemen masyarakat. Selain itu BRINS memiliki komitmen kuat untuk memberikan layanan terbaik bagi setiap nasabah khususnya dalam hal klaim.

Menurutnya, trust pada industri asuransi terletak pada komitmen perusahaan dalam membayarkan klaimnya. Contoh dari komitmen BRINS yang telah memiliki bukti nyata serta testimoni adalah SLA klaim dari asuransi mikro yang hanya diproses sampai 5 hari saja.

Sementara itu, EVP Bisnis Syariah PT BRI Asuransi Indonesia Eka Indria Sari mengatakan, asuransi merupakan salah satu produk keuangan yang patut dipertimbangkan untuk dimiliki. Produk asuransi dapat menjadi salah satu upaya dalam memproteksi kelangsungan usaha melalui upaya memperkecil resiko yang mungkin terjadi di masa depan.

Festival Literasi Halal.

Photo :
  • Dokumentasi BRINS.

Sebagai informasi, BRINS memiliki unit usaha yang sesuai dengan prinsip syariah dan memenuhi fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Dalam konsep pengelolaan asuransi syariah, premi yang dibayar tidak seluruhnya menjadi milik perusahaan asuransi, namun sebagian menjadi milik pemegang polis (Dana Tabarru’) dan sebagian lagi menjadi milik perusahaan (Dana Ujroh).

’’BRINS Syariah memiliki 27 produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, di antaranya lini usaha properti, kendaraan bermotor, kredit, kecelakaan diri, dan lainnya,” lanjut Eka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya