3 Hal yang Pengaruhi Persepsi Masyarakat Terhadap Asuransi

Ilustrasi Asuransi Jiwa.
Ilustrasi Asuransi Jiwa.
Sumber :
  • freepik

VIVA Bisnis – BRI Insurance (BRINS) menegaksan bakal terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan literasi asuransi di masyarakat, terutama generasi muda. Langkah ini menjadi bagian dari upaya BRINS untuk meningkatkan minat asuransi.

Hal tersebut salah satunya dilakukan BRINS dengan menggelar Festival Literasi Halal di Surabaya. Sebagai upaya dari mendorong akselerasi peningkatan indeks literasi ekonomi syariah Indonesia.

Selain itu, kegiatan edukasi dan sosialisasi ini diselenggarakan bekerja sama juga dengan otoritas terkait seperti Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), dan berbagai pemangku kepentingan lain, baik akademisi maupun praktisi di bidang ekonomi dan keuangan syariah.

Dalam kesempatan itu, Direktur Operasional BRINS Sony Harsono menjelaskan, inovasi yang dilakukan BRINS dalam mengembangkan produk-produknya guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Khususnya terhadap pertanggungan risiko, termasuk mendukung pengembangan ekosistem ekonomi syariah di Indonesia.

Ilustrasi perhitungan premi asuransi.

Ilustrasi perhitungan premi asuransi.

Photo :
  • U-Report

Dia pun menjabarkan, ada 3 hal yang memengaruhi pandangan masyarakat umum terhadap dunia asuransi. Pertama trust, kedua tingkat kebutuhan, dan yang ketiga yaitu harga.

“Premi asuransi akan menjadi mahal jika dilihat dari nilainya namun akan menjadi sangat murah bila dilihat dari manfaatnya. Padahal tidak semua asuransi itu mahal, contohnya BRINS memiliki asuransi mikro yang preminya hanya sebesar Rp40 ribu untuk asuransi mikro kerusakan tempat usaha tentunya dengan manfaat yang didapatkan berupa santunan sebesar Rp5 juta rupiah untuk memulai kembali usahanya” ujar Sony dikutip dari keterangannya, Sabtu, 11 Maret 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title