KSPSI Dukung Santri Tingkatkan Kemampuan Agar Mudah Masuk Dunia Kerja

Andi Gani Nena Wea
Sumber :

VIVA Bisnis – Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) mendorong agar pondok pesantren mampu meningkatkan kemampuan para santrinya. Sehingga, diharapkan setelah lulus dari pesantren selain memiliki bekal ilmu agama namun juga memiliki bekal kompetensi untuk memasuki dunia kerja.

Langkah PBNU Persiapkan Santri Sukses Masuk PTN Favorit

Salah satunya yang dilakukan Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Koposari. Ponpes yang terletak di Cileungsi Kabupaten Bogor ini memiliki kompetensi dan siap menghadapi tantangan globalisasi.

Presiden KSPSI yang juga Presiden ASEAN Trade Union Council (ATUC) Andi Gani Nena Wea menilai, Ponpes Darussalam sangat bagus dan memiliki program pendidikan yang sangat baik. 

42 Pimpinan Buruh Asia Pasifik Kumpul di Jakarta, Ini yang Dibahas

"Ponpes ini juga memberikan kesempatan kepada santri untuk mengembangkan bakatnya," katanya, dikutip Senin, 13 Maret 2023.

Ilustrasi tenaga kerja.

Photo :
  • Pixabay
Pentingnya Akses Air Bersih dalam Menyempurnakan Ibadah

Penasehat sekaligus Juru Bicara Ponpes Darussalam Koposari Afif Johan mengatakan, untuk mengembangkan bakat para santri, Ponpes juga menggelar pagelaran seni bertajuk 'Pagelaran Seni Persembahan Santri Koposari Untuk Negeri'.

Afif mengatakan, kegiatan ini rutin diselenggarakan. Namun pada tahun ini kegiatannya dibuat lebih besar dan seluruh santri wajib tampil.

Menurut Afif kegiatan ini diinisiasi oleh pesantren dengan harapan dapat mengenalkan dan melestarikan budaya nusantara, memperkuat nasionalisme dan kecintaan terhadap bangsa Indonesia serta meningkatkan kreativitas dan mendorong prestasi santri agar menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing.

"Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 3.000 orang terdiri dari tokoh agama, instansi, wali santri dan elemen masyarakat lainnya," ujar Afif. 

Afif juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea karena mendukung para santri mengembangkan bakatnya melalui pagelaran seni. 

"Ini merupakan kebanggaan bagi KSPSI karena saya termasuk anggotannya," jelasnya.

Dalam pagelaran seni itu juga dilakukan penyematan penganugerahan kepada Direskrimum Polda Banten Kombes Pol Ade Rahmat Idnal (Ajudan Pribadi Wakil Presiden), Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro, dan Kapolresta Tangerang Kombes Pol Sigit Dany Setiyono sebagai Dewan Penasehat Pesantren Bidang Kebangsaan dan Nasionalisme.

"Alhamdulillah, ada sahabat-sahabat kami di Polri yang berkenan juga menjadi penasehat bidang nasionalisme dan kebangsaan serta memberikan sumbangsih pemikiran tentang wawasan kebangsaan dan nasionalisme," ucapnya. 

Putra pengasuh Ponpes Darussalam sekaligus Ketua Yayasan Hilal Handaya menjelaskan, Ponpes Darussalam Koposari memiliki santri kurang lebih 450 Santri. Terdapat juga pendidikan formal dari SD hingga SMA. Sementara untuk perguruan tinggi sedang dalam proses.

Ponpes juga memiliki Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas kerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya