Animo Pemudik di Bandung Via Kereta Tinggi, KAI Tambah 23 Ribu Kursi

Kereta api memasuki Stasiun Bandung, Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

VIVA BIsnis - Kesiapan mudik musim lebaran 1444 Hijriah periode 12 April sampai 28 April 2023 mulai menunjukkan animo pemudik terutama via jalur kereta Api di Bandung Jawa Barat. PT KAI Daop Bandung mencatat penjualan tiket lebaran dari 12 April mencapai 64,289 tiket atau 29 persen dari stok yang disediakan.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Manager Humas Daop 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono menjelaskan, dari jumlah itu pihaknya memutuskan menambah jumlah kursi penumpang khusus lebaran yaitu 23.338? tempat duduk KA Jarak Jauh atau rata-rata 1.228 tempat duduk per hari.

Stasiun KAI Bandung, Jawa Barat

Photo :
  • Adi Suparman (Bandung)
Bus Putra Sulung Tertabrak Kereta Api di OKU Timur, Penumpang Berhamburan

"Menambah 2 perjalanan KA untuk mengakomodir tingginya minat masyarakat guna mudik menggunakan KA pada momen Lebaran 2023," ujar Mahendro di Bandung, Senin 13 Maret 2023.

Penambahan khusus untuk lebaran itu di antaranya, Pasundan Tambahan relasi Kiaracondong - Surabaya Gubeng (PP) keberangkatan dari Stasiun Kiaracondong pukul 09:20 WIB dan Ciremai Pagi relasi Bandung - Semarang Tawang (PP) keberangkatan dari Stasiun Bandung pukul 08:00 WIB.

KAI Diskon Tiket 20 Persen di Promo Bursa Pariwisata, Catat Rute-rutenya

"KA tambahan ini menunjukkan kesiapan Daop 2 dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan yang ingin melakukan perjalanan di masa Lebaran, serta merupakan wujud komitmen untuk melayani masyarakat dengan sebaik - baiknya," katanya.

Sebelumnya, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daop II Bandung menyatakan layanan tiket angkutan Lebaran untuk keberangkatan Hari H Lebaran atau 22 April 2023 dapat dipesan mulai Rabu 8 Maret 2023. Layanan penjualan tiket hari H lebaran diprediksi bakal diperebutkan jutaan pemudik.

Tiket Jarak Jauh khusus arus mudik yang terjual pada periode 12 hingga 21 April 2023 adalah 30.592 tiket atau sekitar 28 persen dari total keseluruhan tiket yang sudah bisa dipesan yakni sebanyak 111.211 tiket. PT KAI Daop 2 menyiapkan sekitar 250 ribu tiket guna melayani para pelanggan pada masa angkutan Lebaran tahun ini.

Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono mengatakan, mengantisipasi melonjaknya pelanggan di masa Angkutan Lebaran, pihaknya menambah kuota tiket dan jumlah perjalanan kereta api. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya