Menteri Basuki Ajak Investor Korea Selatan Bangun IKN Nusantara

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dengan pemerintah dan investor Korea Selatan.
Sumber :

VIVA Bisnis – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengundang para investor dari Korea Selatan untuk memperkuat dan memperluas kerja sama dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Saat menghadiri acara 'Korea-Indonesia New City Cooperation Forum', Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan sebenarnya telah terjalin cukup lama.

"Terlebih, sebelumnya Kementerian PUPR telah bekerja sama dengan K-Water, yang telah memiliki pengalaman, teknologi, dan kapabilitas yang sangat baik dalam sektor pengelolaan air," kata Basuki dalam keterangannya, Jumat, 17 Maret 2023.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Photo :
  • Dok. PUPR

Di samping itu, Indonesia dan Korea Selatan juga memiliki Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama Teknis Pemindahan dan Pembangunan IKN, yang akan menjadi landasan mekanisme bilateral. Serta, sebagai dasar bagi perusahaan-perusahaan Korea Selatan untuk secara aktif berkontribusi, dalam bekerja sama membangun IKN Nusantara.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

“Adanya forum ini menjadi starting point kerja sama kita, terutama dalam pengembangan IKN Nusantara. Kita sudah punya MOU sebagai landasan kerja sama, dan personally, kami sangat nyaman dan terbuka kalau bekerja sama dengan Korea Selatan," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Korea Selatan, Won Hee-Ryong berharap, melalui forum ini kedua negara dapat menciptakan nilai-nilai dan peluang kerja sama baru, serta berbagi pengalaman masing-masing sehingga ada transfer knowledge.

"Saya berharap kedua negara akan terus aktif bekerja sama dan bergerak menuju masa depan yang lebih baik, serta koneksi antara Indonesia dan Korea Selatan dapat terjalin lebih erat," ujar Won.

Diketahui, dalam rangkaian Korea-Indonesia New City Cooperation Forum ini, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beserta seluruh Pejabat Tinggi Madya Kementerian PUPR, juga menghadiri Pertemuan Bilateral dengan Menteri Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Korea Selatan, Won Hee-Ryong.

Hadir pula dalam dalam pertemuan bilateral tersebut yakni Administrator National Agency for Administrative City Construction (NAACC) Korea Selatan, Lee Sang-Rae, Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto, dan Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga. Lalu ada pula Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN, Mohammed Ali Berawi, serta perwakilan dari 16 Perusahaan Korea Selatan sebagai calon investor IKN Nusantara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya