Pemudik Diperkirakan Melonjak, Pengelola Bandara dan Navigasi Udara Bangun Posko Mudik Lebaran 2023

Diskusi pengelola Bandara, Angkasa Pura II, Angkasa Pura I dan AirNav di Kementerian Perhubungan.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA Bisnis – PT Angkasa Pura I (AP I), PT Angkasa Pura II (AP II), dan AirNav Indonesia, menyatakan siap melayani lonjakan penumpang dan penerbangan pada mudik Lebaran 2023 atau Idul Fitri 1444 Hijriah. Direktur Utama AP I, Faik Fahmi mengatakan, pihaknya bahkan akan membuka Posko Angkutan Udara untuk momentum Hari Raya Idul Fitri 2023.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

"Posko itu rencananya akan dibuka pada 15-30 April 2023 atau selama 16 hari," kata Faik dalam diskusi di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa, 21 Maret 2023.

Ilustrasi suasana di Bandara Soetta.

Photo :
  • VIVA/Sherly
Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

Dia menambahkan, AP I memprediksi bahkan puncak arus mudik akan terjadi pada tanggal 18 April 2023, dan arus balik akan terjadi pada 26 April 2023. Masa angkutan Lebaran 2023 ini diyakininya akan melayani hingga sekitar 3,38 juta penumpang, atau naik sekitar 36 persen. "Sementara trafik penerbangan diproyeksikan mencapai 27.510 penerbangan, atau naik sekitar 28 persen," ujar Faik.

Faik menambahkan, pada masa angkutan Lebaran 2023, tiga bandara AP I yakni Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Sultan Hasanuddin Makassar, dan Bandara Sam Ratulangi Manado, akan beroperasi selama 24 jam.

Intip Persiapan Telkomsel 'Mengukur Jalan' Jelang Lebaran

"Kami memastikan 15 bandara AP I akan standby beroperasi 24 jam, berdasarkan permintaan dari pihak operator penerbangan," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Angkasa Pura II (AP II), Muhammad Awaluddin memastikan, periode angkutan Lebaran AP II akan dilakukan pada 12 April hingga Mei 2023. Dia memastikan, AP II juga akan membuka Posko Angkutan Lebaran 2023, sebagai wadah koordinasi seluruh stakeholder bandara.

Awaluddin optimistis, AP II akan melayani sebanyak 5,24 juta penumpang pada masa angkutan Lebaran 2023, atau naik sekitar 25 persen dibandingkan 2022. Sementara trafik pergerakan pesawat diprediksi akan mencapai 36.585 penerbangan, atau naik sekitar 11 persen.

Kemudian, untuk jam operasional bandara, Awaluddin menegaskan bandara-bandara AP II sangat fleksibel dan bisa beroperasi lebih pagi atau lebih malam, untuk melayani pemudik.

“Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang) dan Bandara Kualanamu (Deli Serdang) tetap beroperasi 24 jam setiap harinya, begitu juga dengan Bandara Halim Perdanakusuma yang dipersiapkan beroperasi 24 jam. Bandara-bandara ini diperkirakan akan menjadi yang paling sibuk selama Angkutan Lebaran 2023," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya