Bumi Resources Raih A+ Laporan Berkelanjutan Terbaik 3 Tahun Berturut-turut

Kegiatan penambangan Bumi Resources.
Sumber :
  • Dokumentasi Bumi Resources.

VIVA Bisnis – PT Bumi Resources Tbk (BUMI) meraih penghargaan sebagai 'Perusahaan Terbaik dengan Skor A+', dalam pelaporan keberlanjutan atau pelaporan Tata Kelola, Lingkungan, dan Sosial (ESG) tahun 2021.

Kapan Bumi Kiamat?

Penghargaan diberikan oleh Foundation for International Human Rights Reporting Standard (FIHRRST) dan United Nations Development Programme (UNDP), atas studi yang dilakukan bagi 257 perusahaan terbuka di Indonesia yang telah menerbitkan laporan keberlanjutannya pada tahun 2021

"Prestasi tersebut merupakan kali ketiga dalam tiga tahun berturut-turut yang diterima oleh BUMI," kata Presiden Direktur PT Bumi Resources Tbk, Adika Nuraga Bakrie, dalam keterangannya, Selasa, 21 Maret 2023.

Rupiah Melemah ke Level Rp 16.192 Per Dolar AS, Investor Cermati Dinamika Konflik Timur Tengah

Fasilitas tambang emas PT Bumi Resources Minerals Tbk di Poboya, Palu

Photo :
  • Bumi Resources Minerals

Studi yang dilakukan meliputi penilaian kesesuaian atas Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No. 51 Tahun 2017 Tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan Bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, dan Perusahaan Publik. Serta, kesesuaian laporan terhadap framework penyusunan laporan keberlanjutan international, dan Global Reporting Initiative (GRI) Standard.

Studi sendiri didukung oleh OJK dan Bursa Efek Indonesia (BEI). Adika menjelaskan, Pemberian predikat A+ memiliki arti bahwa pengungkapan informasi-informasi ESG di BUMI telah melebihi 90 persen dari indikator-indikator yang ditetapkan dalam penilaian.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Dia memastikan, hanya terdapat 10 perusahaan publik di Indonesia yang mendapatkan predikat A+ tersebut. Data tahun ini mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan data tahun 2020. Di mana, hanya sebanyak 28 persen dari 121 laporan yang masuk kepada kriteria tersebut.

Bursa Efek Indonesia / BEI atau Indonesia Stock Exchange / IDX

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Sementara itu, menurut sisi verifikasi independen, dari 257 laporan hanya 15 persen laporan yang mendapatkan pernyataan verifikasi pihak independen. Adika  menegaskan, penyusunan laporan keberlanjutan BUMI dimulai dari tahun 2016 hingga saat ini. Hal itu didasari oleh kesadaran manajemen akan pentingnya arti transparansi dan pengungkapan ESG secara seimbang, dengan mengadopsi standar dunia.

"Laporan keberlanjutan BUMI merupakan kontribusi perusahaan dalam mencapai target pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Kami di BUMI bersama unit usaha akan terus berinovasi, dan mendukung program Pemerintah dalam mewujudkan komitmen SDGs. Ini sudah menjadi aktivitas utama atau core competence dari bisnis," kata Adika.

"Sekali lagi, perseroan mengucapkan banyak terima kasih kepada karyawan, manajemen, dan pemangku kepentingan (Stakeholder) atas pencapaian ini. Penghargaan ini memacu kami untuk melakukan yang lebih baik lagi di masa depan, memberikan dampak positif ke masyarakat sekitar tambang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya