ASEAN Sepakati 7 Capaian Prioritas Ekonomi dalam AEM Retreat 2023

ASEAN Economic Ministers (AEM) Retreat ke-29 yang digelar Kementerian Perdagang
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Bisnis – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar pertemuan ASEAN Economic Ministers (AEM) Retreat ke-29 yang berlangsung di Magelang, Jawa Tengah, Rabu 22 Maret 2023. Pertemuan ini sebagai salah satu peran Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023. Pada pertemuan tersebut, Indonesia berhasil mendorong para Menteri Ekonomi ASEAN mengesahkan tujuh Capaian Prioritas Ekonomi dalam lingkup AEM yang konkret.

Golkar Minta Jatah 5 Kursi Menteri, Zulhas: Kok Tanya ke Saya, Pak Airlangga Dong

“AEM Retreat ke-29 merupakan pertemuan pertama di tingkat Menteri Ekonomi ASEAN pada Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023,” kata Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan yang memimpin Pertemuan AEM Retreat ke-29 itu.

Logo ASEAN

Photo :
  • Wikipedia
Investasi Dunia Menunggu, Anggota DPR Sarankan Pemerintah Segera Proklamasi Ibu Kota Pindah

Pertemuan ini, kata Zulhas, menjadi momentum penting karena Indonesia berhasil mendorong para menteri mengesahkan tujuh Capaian Prioritas Ekonomi dan 48 Prioritas Tahunan 2023.

Adapun ketujuh prioritas ekonomi tersebut terdiri atas Kerangka Kerja Fasilitasi Jasa di ASEAN; Penandatanganan Protokol Perubahan ke-2 Persetujuan Pendirian Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN-Australia-Selandia Baru; Pembentukan Unit Pendukung Persetujuan Kementerian Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP)di Sekretariat ASEAN, Jakarta; Pembangunan Industri ASEAN Berbasis Proyek; Implementasi Penuh Surat Keterangan Asal form D Electronic melalui ASEAN Single Window; Pernyataan Para Pemimpin ASEAN untuk Mengembangkan Kerangka Kerja Persetujuan Ekonomi Digital ASEAN (DEFA); dan Peta Jalan Harmonisasi Standar ASEAN untuk Mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Yakin Pemilu 1 Putaran, Bahlil Pede Target Investasi 2024 Tembus Target Rp 1.650 Triliun

Para menteri juga melakukan Sesi Konsultasi dengan ASEAN–Business Advisory Council (ASEAN–BAC) yang berfokus pada lima isu terkait transformasi digital; pembangunan berkelanjutan; ketahanan kesehatan; ketahanan pangan; serta fasilitasi perdagangan dan investasi. 

“Pertemuan ASEAN–BAC bertujuan untuk mendorong peningkatan perdagangan di ASEAN dan memperkuat kerja sama serta kolaborasi antara pemerintah dan pelaku usaha,” kata Zulhas.

Isu penting lainnya yang dibahas antara lain perkembangan terkini kajian Digital Economy Framework Agreement (DEFA); Upgrading Persetujuan Perdagangan Barang di ASEAN (ATIGA);Prioritas FTA tahun 2023 yang meliputi Upgrading ATIGA, Upgrading Perdagangan Bebas ASEAN dan China (ASEAN-China FTA), dan Implementasi RCEP; serta Peta Jalan keanggotaan Timor Leste di ASEAN Pertemuan ini merupakan pertemuan pertama yang melibatkan Timor Leste di Level Menteri Ekonomi ASEAN sebagai negara anggota ke-11 ASEAN yang dihadiri Menteri Pariwisata, Perdagangan dan Perindustrian Timor Leste Jose Lucas do Carno da Silva.

Zulhas Pastikan Harga Bapok Stabil Saat Bulan Ramadhan

Dalam kesempatan itu, Zulhas juga memastikan harga bapok stabil saat Ramadhan, biasanya sejumlah pangan mengalami kenaikan harga. Namun demikian, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menuturkan bahwa harga pangan terpantau aman dan stabil.

"Harga pangan, saya sudah keliling di Jawa Tengah, di mana-mana masih stabil. Mudah-mudahan naiknya nggak banyak," tuturnya 

Mendag RI Zulkifli Hasan di ASEAN Economic Ministers (AEM) Retreat ke-29

Photo :
  • Dok. Istimewa

Zulhas menuturkan, dari hasil tinjauannya di berbagai daerah, seperti Surabaya, Mojokerto, hingga Mamuju, harga komoditas pangan, seperti harga telur ayam, daging ayam, beras dari Perum Bulog hingga bawang masih stabil.

"Barangnya tersedia banyak, jadi kita harap puasa, dan puasa besok, dan Lebaran ini mudah-mudahan semuanya, bantu doa, kita semua kerja keras agar ketersediaan dan harga terjangkau," papar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya