Cuti Bersama Libur Lebaran Ditambah, Menhub: Keinginan Mudik Masyarakat Sangat Tinggi

Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menhub Budi Karya.
Sumber :
  • VIVA/ Muhammad AR

VIVA Bisnis – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengusulkan bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, agar jadwal cuti bersama Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2023 dimajukan dua hari yaitu mulai tanggal 19 April 2023.

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

“Tadi ada keputusan Bapak Presiden berkaitan cuti bersama. Kalau sekarang itu cutinya sesuai dengan SKB 3 Menteri, dari tanggal 21 sampai 26 (April). Kami tadi bersama Kapolri mengusulkan liburnya maju dua hari. Jadi mulai tanggal 19 sudah libur, 20 sudah libur, tapi masuknya 26. Jadi tambah 1 hari tapi di depan tambah 2 hari,” kata Budi Karya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat, 24 Maret 2023.

Alasannya, kata Budi, masyarakat yang ingin pulang kampung alias mudik pada Lebaran Idul Fitri 2023 sangat tinggi. Sehingga, lanjut dia, dimajukannya libur itu untuk mengurangi volume kendaraan yang hendak melakukan mudik.

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Kendaraan pemudik di Pelabuhan Merak Sabtu malam 30 April 2022.

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama (Serang)

“Itu alasannya karena secara tradisional keinginan untuk mudik ini tinggi sekali, dengan volume yang banyak. Kalau dilihat itu tertuju sama hanya tanggal 21, maka terjadi penumpukan yang luar biasa. Sehingga, dengan dimajukan itu pemudik bisa mulai dari tanggal 18 sore, 19, 20, 21, ada 4 hari mereka mudik,” jelas dia.

Akui Umat Muslim Berkontribusi Besar Bagi Negara, PM Georgia Adakan Bukber

Kemudian, Budi menyebut masyarakat yang melakukan arus balik juga bisa diperpanjang cutinya agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

Antrean panjang di menuju Pelabuhan Merak saat puncak arus mudik Lebaran 2022.

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama

“Sedangkan, balik itu mereka harus pulang hari Rabu. Tapi bagi mereka yang berkeinginan untuk melakukan cuti lebih panjang bisa sampai tanggal 30 April, 1 Mei. Itu satu keputusan yang tadi diambil diskusi yang cukup efektif,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya