28 Rute Mudik Gratis Kemenhub 2023: 26 di Pulau Jawa, 2 Titik ke Sumatera

mudik gratis motor.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenhub.

VIVA Bisnis – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menggelar Program Mudik Gratis di momentum mudik Lebaran 2023, atau Idul Fitri 1444 Hijriah tahun ini. Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Suharto mengatakan, tahun ini disediakan 24.072 lebih kuota mudik gratis bagi masyarakat yang ingin mengikutinya.

Misteri Prabu Jayabaya yang Belum Terpecahkan, Dipercaya Sebagai Jelmaan Dewa

"Di tahun 2023 ini kami menyiapkan 585 armada bus yang akan dipakai untuk mudik gratis, dengan total 24.072 kursi penumpang. Di mana, yang akan digunakan di arus mudik sebanyak 18.528 kursi dan di arus Balik sebanyak 5.544 kursi," kata Suharto dalam media briefing di kantor Kemenhub, Jumat, 24 Maret 2023.

Ilustrasi Mudik Gratis Sepeda Motor.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok
Mengulik Rahasia Terlarang Ramalan Jayabaya: Bencana hingga Pemimpin

Dia menjelaskan, dari 585 unit bus untuk program mudik gratis ini, akan dibagi menjadi 459 bus untuk arus mudik dan 126 bus untuk arus balik.

Kemudian, lanjut Suharto, Kemenhub juga menyiapkan 30 unit truk yang dipersiapkan untuk mengangkut sekitar 900 unit sepeda motornya. Di mana untuk arus mudik akan dikerahkan 15 truk untuk mengangkut 450 unit sepeda motor, dan pada arus balik mudik dikerahkan juga 15 truk untuk mengangkut 450 unit sepeda motor.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

"Dari total armada bus tadi kita sudah mengalokasikan sebanyak 28 tempat tujuan untuk mudik. Baik yang berasal dari Sumatera maupun dari wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur," ujar Suharto.

Dia memastikan, berdasarkan pemetaan yang sudah dilakukan Kemenhub, tercatat bahwa Jawa Tengah masih menjadi tempat favorit untuk tujuan mudik dengan 18 kota tujuannya termasuk Yogyakarta.

"Oleh karena itu, kami mengimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik gratis tadi, kami menyatakan bahwa masih ada slot. Karena ada yang daftar tapi tidak melaksanakan verifikasi, maka saya anggap itu batal," ujarnya.

Berikut adalah kota-kota tujuan arus mudik dalam program mudik gratis angkutan lebaran 2023/1444 H:

Sumatera:

- Palembang
- Lampung

Jawa Barat:

- Garut
- Tasikmalaya
- Cirebon

Jawa Tengah dan DIY:

- Solo
- Tegal
- Pekalongan
- Semarang
- Demak
- Jepara
- Pati
- Blora
- Boyolali
- Klaten
- Wonogiri
- Purwokerto
- Cilacap
- Wonosobo
- Kebumen
- Magelang
- Wonosari
- Yogyakarta

Jawa Timur:

- Madiun
- Surabaya
- Tuban
- Malang
- Tulungagung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya