Pelni Siap Angkut Pemudik Motor via Pelabuhan Ciwandan-Panjang

Para pemudik dengan sepeda motor saat turun dari kapal.
Para pemudik dengan sepeda motor saat turun dari kapal.
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA Bisnis – Di masa mudik Lebaran 2023, pemerintah memberikan penugasan untuk membuka Pelabuhan Ciwandan dan Panjang, guna melayani pemudik yang menyeberang menggunakan sepeda motor ke Pulau Sumatera.

Untuk itu, Direktur Utama PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau PT Pelni, Tri Andayani, memastikan pihaknya bakal membantu operasional mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Ciwandan dan Panjang tersebut.

"Untuk membantu arus mudik yang menyeberang Jawa-Sumatra. Di Pelabuhan Ciwandan dan Panjang ini kami akan mengirimkan KM Dobonsolo," kata Tri dalam konferensi pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 27 Maret 2023.

Dia menjelaskan, kapal Pelni tersebut akan dioperasikan di Pelabuhan Ciwandan ke Pelabuhan Panjang pada 19-21 April, saat arus mudik Lebaran 2023. Selanjutnya, KM Dobonsolo akan dioperasikan kembali untuk arus balik, dari Pelabuhan Panjang ke Pelabuhan Ciwandan pada 29-30 April 2023.

Tri memastikan, kapasitas KM Dobonsolo siap menampung pemudik, untuk memecah kepadatan di Pelabuhan Merak dan Bakauheni

"KM Dobonsolo bisa mengangkut 2.500 penumpang untuk sekali jalan dan 1.250 sepeda motor sekali jalan," ujar Tri.

Dia berharap masyarakat mau menggunakan fasilitas tersebut, khususnya bagi pemudik yang menyeberang menggunakan sepeda motor. 

Halaman Selanjutnya
img_title