Cara Pupuk Indonesia Kembangkan Energi Hijau Nasional

Pupuk Indonesia.
Sumber :
  • Dokumentasi Pupuk Indonesia.

VIVA Bisnis – PT Pupuk Indondesia (Persero) memaksimalkan penyediaan ekosistem energi yang lebih ramah lingkungan, dalam hal ini blue ammonia dan green ammonia. Hal itu merupakan salah satu upaya pengembangan bisnis untuk mendukung pencapaian target nol emisi karbon.

Pasca Putusan MK, Pengamat Nilai Relasi Ini yang Bisa Membuat PDIP Gabung ke Prabowo

Sekretaris Perusahaan Pupuk Indonesia, Wijaya Laksana mengatakan, dalam konteks tersebut, pihaknya akan menggelar Pupuk Indonesia Clean Ammonia Forum (PICAF) pada hari Kamis 30 Maret 2023 di Jakarta. PICAF 2023 adalah forum strategis di seluruh rantai nilai energi dan petrokimia di Indonesia untuk mempromosikan ekosistem amonia rendah karbon.

Wijaya juga menegaskan bahwa PICAF 2023 juga menjadi ajang untuk mendukung komitmen perusahaan dalam tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG's).

Kemenkeu Monitor Dampak Konflik Israel-Iran ke Ekspor RI

Pupuk Indonesia.

Photo :
  • Antara/Rosa Panggabean.

"PICAF 2023 membangun dialog untuk mempercepat implementasi inovasi teknologi dan kebijakan untuk memperkuat rantai nilai amonia bersih dan berkelanjutan," kata Wijaya di Jakarta, dikutip, Selasa, 28 Maret 2023.

Jajaki Potensi Blok Migas Internasional, Pertamina Gandeng ENI

Dia menambahkan, PICAF 2023 akan mengundang para pelaku rantai nilai energi dan petrokimia di Indonesia dan global, lembaga think tank dan organisasi internasional, pemerintah, perusahaan BUMN, pelaku usaha global dan nasional universitas dan asosiasi. 

Amonia sendiri merupakan senyawa kimia yang terdiri dari unsur Hidrogen dan Nitrogen. Amonia biasanya berbentuk gas, namun bisa juga dibuat menjadi cair. Selain sebagai bahan baku pupuk , amonia juga dapat direaksikan menjadi berbagai produk yang bermanfaat, salah satunya sumber energi masa depan. 

"Amonia, selain sebagai bahan baku pupuk, di masa mendatang juga dapat dikembangkan untuk sektor transportasi hingga pembangkit listrik. Dengan pengembangan amonia bersih ini, kami menargetkan untuk mengurangi emisi karbon setara 5 juta ton CO2 pada tahun 2050," jelas Wijaya.

Produksi Pupuk Indonesia.

Photo :
  • Dokumentasi Pupuk Indonesia.

Lebih lanjut Wijaya mengungkapkan bahwa Pupuk Indonesia menjadi produsen pupuk dan kimia yang akan mendukung penyediaan energi hijau di tingkat global. Hal ini karena Pupuk Indonesia memiliki pengalaman lebih dari 50 tahun dalam memproduksi, mengelola, dan mendistribusikan amonia. 

"Untuk itu, kami berharap Pupuk Indonesia Clean Ammonia Forum 2023 ini dapat menjadi momentum bagi kita untuk bisa bersama-sama mendorong terciptanya ekosistem pengelolaan amonia bersih di Indonesia," jelas Wijaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya