Jaga Pasokan Listrik, PLN Indonesia Power Rehabilitasi DAS Serayu dan Optimalisasi Waduk

PLTA Panglima Besar Soedirman dan DAS Serayu.
Sumber :
  • Dok. PLN Indonesia Power.

VIVA Bisnis – PLN Indonesia Power melalui salah satu Unitnya Mrica PGU merehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Serayu dan mengoptimalisasi Waduk Panglima Besar Jenderal Sudirman. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya menjaga keandalan pembangkit.

Waktu Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi PLN Tahun 2024/2025 Diperpanjang

“PLN Indonesia Power selalu komit terhadap keandalan pasokan listrik dengan memperhatikan aspek lingkungan dan sosial,” ujar Direktur Utama PLN Indonesia Power, Edwin Nugraha Putra dalam keterangan tertulis, Selasa, 28 Maret 2023.

gedung indonesia power

Photo :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
PLN Sebut Tak Semua Tiang Listrik Bisa Dijadikan SPKLU Kendaraan Listrik, Ini Alasannya

Ia menjelaskan, keandalan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) tentunya tidak lepas dari kondisi waduk yang dalam hal ini merupakan sarana atau media penampung energi primer PLTA.  Senior Manager Mrica PGU PS. Kuncoro menyebutkan saat ini Laju Sedimentasi pada area Hulu DAS Serayu yang masuk ke waduk mrica mencapai 6,5 juta meter kubik per tahun nya. 

“Saat ini sedimentasi bendungan PB Soedirman sudah mencapai 87,87% dari kapasitas penampungan air efektif yang sekitar 17,98 juta meter kubik atau hanya tinggal 12,13 persen saja, hal ini tentunya menjadi tantangan korporasi untuk tetap menjaga keandalan pembangkit,” ujar PS Kuncoro.

Ini Penyebab Aset PLN Nusantara Power Melesat Jadi Rp 350 Triliun

Upaya Investasi Jangka Panjang

Dalam kondisi saat ini dan sebagai upaya investasi jangka panjang, Mrica PGU bergerak untuk laksanakan program pemeliharaan di daerah waduk secara berkala di antaranya kegiatan maintenance dredging, merintis sekolah lapangan, dan program hijaunesiapower yang juga bekerja sama dengan stakeholder terkait untuk program-program yang berhubungan dengan kelestarian di DAS Serayu.

PT PLN Indonesia Power Mrica PGU memberikan dukungan berupa pelatihan, penyediaan bibit, serta pengolahan hasil panen dan pemasaran melalui program Hijaunesiapower dengan melaksanakan penanaman tanaman konservasi dan tabur benih ikan di daerah Wonosobo dan Banjarnegara.

“Dukungan-dukungan tersebut direalisasikan ke dalam bentuk kegiatan, pembibitan di area pilot project, penyediaan bibit tanaman pakan ternak kambing seperti Indigofera, Gama Umami, Kaliandra, Kelor, dan Singkong dengan total 112 ribu bibit pohon yang bekerja sama dengan Kementrian LHK dan dilanjutkan dengan perawatan bibit, pendistribusian ke area DAS Serayu dan lanjut ke penanaman di area DAS Serayu,” lanjut PS. Kuncoro.

Pengolahan pakan yang dilakukan dengan cara mengolah menggunakan mesin chopper, menyimpan dengan metode silase baller, dan mengolah daun indigofera menjadi bubuk konsentrat. Sementara itu, pengelolaan Kambing Perah dilakukan dengan memproduksi susu kambing, pengolahan susu kambing, pembibitan kambing untuk meningkatkan mutu genetik, dan pemanfaatan kotoran kambing untuk menghasilkan biogas. Kotoran kambing dan gulma eceng gondok juga diolah menjadi pupuk serta didistribusikan untuk pupuk tanaman pakan kambing di DAS Serayu. 

Dalam pelaksanaannya, PLN Indonesia Power Mrica PGU bersama stakeholder terkait merintis Program Pilot Project Penanganan DAS Serayu yang dilaksanakan di lahan Mrica PGU dengan tema “Ekonomi Berwawasan Lingkungan’’ yang diharapkan dapat menjadi contoh untuk para petani yang berada di daerah Hulu untuk dijadikan sebuah ekosistem.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya