Lulusan Pendidikan Tinggi Nganggur, Ini Sektor Usaha yang Cocok Untuk Fresh Graduate

Politisi Golkar, Misbakhun Meninjau Industri hasil tembakau atau IHT
Sumber :

VIVA Bisnis – Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker), sempat membeberkan bahwa tingkat pengangguran di Indonesia, berasal dari jenjang pendidikan tinggi.

10 Kampus Bisnis Terbaik Dunia Tahun 2024

Mengacu pada data Badan Pusat Statistik (BPS), angkatan kerja dengan pendidikan diploma dan universitas mencapai 12,18 persen. 

Selain itu, penyebab dari maraknya masyarakat dengan pendidikan tinggi yang menganggur juga dipengaruhi oleh belum meratanya informasi mengenai lowongan pekerjaan.

UU Pemilu Perlu Direvisi sebagaimana Pertimbangan MK, Menurut Anggota DPR

Politisi Partai Golkar, Mukhamad Misbakhun

Photo :

Oleh sebab itu, penting untuk mempersiapkan skill memulai sebuah usaha barang atau pun jasa. 

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

Mukhamad Misbakhun, Anggota Komisi XI DPR RI, menyebut bahwa mahasiswa yang baru saja lulus dapat terjun ke dunia usaha di bidang pertanian.

"Untuk (mahasiswa) yang baru lulus, banyak bisnis yang terbuka bagi mahasiswa fresh graduate, contoh sektor-sektor di bidang pertanian, yang membutuhkan sekali peran anak muda untuk masuk ke sana (sektor pertanian)," ujarnya saat menghadiri seminar "Digitalisadu Dalam Mendukung Akses Permodalan UMKM", Selasa, 28 Maret 2023.

Dia juga menyebut bahwa anak muda bebas memilih untuk terjun di bidang produksi hasil pertanian, atau pun menjadi pedagang. 

"Contoh sederhananya ya di sektor pertanian kita atau perkebunan. Berapa banyak petani apel kita? Berapa banyak petani kopi kita?. Siapa yang membeli kopi mereka?. Peluang-peluang seperti itu banyak kalau kita turun ke sektor pertanian," tuturnya.

Menurutnya, sektor pertanian merupakan sektor yang paling cerah bagi Indonesia. Hal ini sejalan dengan tanah di Indonesia yang subur. 

"Ini merupakan peluang bisnis yang luar biasa."

Dalam kesempatan yang sama, dia juga memaklumi apa bila anak muda merasa bimbamg atau takut, atau tidak memiliki ide saat ingin memulai usaha pertama.

Misbakhun memberikan tips, bahwa kita dapat bekerja untuk orang terlebih dahulu untuk mendapatkan ide membuka usaha.

"Biasanya, ide-ide bisnis itu setelah kita bekerja untuk orang lain. Kita akan mulai mengamati peluang bisnis. Kita bisa memanfaatkan peluang bisnis," katanya.

"Peluang bisnis ini banyak, tinggal kita minatnya di mana, passionnya kita di mana, kita punya keahlian apa," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya