Rupiah Menguat, Pengesahan Perppu Cipta Kerja Jadi Sorotan

Uang dolar AS dan rupiah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.

VIVA Bisnis – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Rabu pagi, 29 Maret 2023. Terpantau pukul 09.14 WIB rupiah menguat sebesar 13 poin atau 0,01 persen ke posisi Rp 15.072 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 15.085 per dolar AS.

Bamsoet Dukung Prabowo-Gibran Rangkul Parpol di Luar KIM Demi Indonesia Emas

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.088 per dolar AS.

Analis PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan ditutup menguat hari ini. Hal itu karena pelaku pasar merespons positif tentang Perppu Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Cipta Kerja yang telah disahkan oleh DPR.

Gubernur BI Proyeksikan Rupiah Baru Balik ke Rp 15.000-an pada Kuartal IV-2024

Ilustrasi uang dolar

Photo :
  • vstory

"Manfaat penting dari pengesahan Perppu Nomor 2 Tahun 2022 sebagai Undang-undang khususnya terkait dengan ease of doing business yang ada di Indonesia. Sebelum adanya regulasi seperti Undang-Undang Cipta Kerja, kemudahan investasi di Indonesia masih kalah bersaing dengan negara-negara di kawasan ASEAN," kata Ibrahim dalam risetnya Rabu, 29 Maret 2023.

Bank Indonesia Naikkan BI Rate Jadi 6,25 Persen Demi Stabilkan Rupiah

Ibrahim menilai, penggunaan metode omnibus dalam Undang-Undang Cipta Kerja merupakan hal yang dipandang tepat. Sebab dengan menggunakan metode omnibus, maka pemerintah tidak perlu lagi merevisi setiap undang-undang yang terkait sehingga dapat mengakselerasi proses penyusunan regulasi.

Sementara itu kata dia, dari persetujuan DPR terhadap Perppu Cipta Kerja sebagai undang-undang merupakan tindakan yang konstitusional. Selain itu, pengesahan oleh DPR juga memberikan kepastian hukum yang penting bagi sektor ekonomi maupun pekerja.

Menghitung uang kertas rupiah pecahan 100 ribu (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

"Jika pun ada pihak-pihak yang berkeberatan terhadap pengesahan Perppu Cipta Kerja sebagai undang-undang, maka hal ini merupakan hak konstitusional yang dijamin oleh undang-undang," jelasnya. 

Untuk hari ini Ibrahim memperkirakan mata uang rupiah akan dibuka berfluktuatif. Namun, ditutup menguat direntang  Rp 15.040- Rp 15.200.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya